Pemda KLU Perlu Bentuk Satgas Kebakaran di Tiga Gili

48
Kapolres Lombok Utara, I Wayan Sudarmanta (Inside Lombok/Devi)

Lombok Utara (Inside Lombok) – Menyikapi beberapa kejadian kebakaran di wilayah Tiga Gili (Trawangan, Air, Meno), Polres Lombok Utara melakukan tindak lanjut ke Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Utara. Pasalnya, pulau-pulau kecil di Tiga Gili terpisah dengan daratan, sehingga dibutuhkan pembentukan sistem untuk mitigasi kebakaran.

Kapolres Lombok Utara (Lotara), AKBP I Wayan Sudarmanta menerangkan pihaknya bersama pemerintah menyiapkan penanganan pertama apabila terjadi kebakaran. Salah satunya membentuk satgas kebakaran.

“Karena satgas kebakaran yang ada di Gili kita menggunakan swadaya masyarakat, dan alat-alat pemadam yang ada di Gili untuk dioptimalkan dalam bentuk satgas rayonisasi. Jadi sebelah utara ada, selatan ada, barat ada, timur ada untuk penanganan awal,” jelasnya, Selasa (16/8).

Diterangkan, kebakaran teranyar terjadi di Ocean Resort Jambuluwuk Gili Trawangan, Sabtu (30/7) lalu, menyebabkan 67 kamar di hotel tersebut ludes dilalap api. Bahkan kebakaran berimbas pada 2 kamar hotel di Eden Cottage.

Berdasarkan hasil lab forensik Polda Bali, kebakaran itu disebabkan oleh korsleting listrik di salah satu kamar di Ocean Resort Jambuluwuk. Kendati, untuk kerugian yang ditimbulkan belum bisa diketahui kisaran pastinya.

“Untuk kerugian kami belum dapat informasi tapi laporan polisi sudah ada,” ujar Sudarmanta. Namun, kebakaran tersebut tetap menjadi perhatian. Terlebih korsleting listrik yang menjadi penyebab kebakaran diduga terjadi lantaran hotel baru saja beroperasi pascapandemi Covid-19. Di mana kondisi tersebut rata-rata menjadi gambaran umum hotel di kawasan Tiga Gili, yang sebelumnya tutup lantaran terdampak pandemi.

“Yang jelas kebakaran kemarin karena konsleting listrik. Mungkin karena pasca pandemi jadi perawatan juga masih kurang. Kemudian baru dibuka dalam rangka penerimaan tamu dari luar ada kejadian tersebut,” tuturnya. Dengan begitu, pembentukan satgas kebakaran diharapkan dapat segera dilakukan, sembari pemda bersama pihak terkait menyiapkan langkah antisipasi lainnya untuk mencegah dan mengatasi jika kebakaran terjadi di Tiga Gili. (dpi)