Polisi Ungkap Penyebab Kebakaran Hotel Jambuluwuk di Gili Trawangan

171
Pemantauan kebakaran hotel di Gili Trawangan (Inside Lombok/ist)

Lombok Utara (Inside Lombok) – Kebakaran yang terjadi di Ocean Resort Jambuluwuk Gili Trawangan, Sabtu (30/7) lalu menyebabkan 67 kamar di hotel tersebut ludes dilalap api. Bahkan kebakaran berimbas pada 2 kamar hotel di Eden Cottage.

Kapolres Lombok Utara (Lotara), AKBP I Wayan Sudarmanta mengungkapkan berdasarkan hasil laboratorium forensik Polda Bali, kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik di salah satu kamar.

“Jadi kebakaran kemarin di Gili dari hasil lab forensik Polda Bali sudah kita terima, itu merupakan konsleting listrik. Setelah dilakukan penelitian di kabel-kabel yang ada di TKP (Tempat Kejadian Perkara),” ujar Sudarmanta, Selasa (16/7).

Dalam proses identifikasi kebakaran yang terjadi di Gili Trawangan Juli lalu, pihaknya mendapat backup dari Polda NTB dan laboratorium forensik Polda Bali. Ditegaskan kebakaran tersebut murni karena korsleting listrik dan tidak ada unsur kesengajaan atau lainya.

Peristiwa kebakaran yang terjadi di Hotel Oceano Resort Jambuluwuk Gili Trawangan sekitar pukul 19.00 Wita. Nyala api dilihat pertama kali oleh tamu hotel yang menginap di kamar 174 dan 175 melihat nyala api di atap kamar nomor 179.

“Ini murni karena konsleting listrik, setiap villa itu ada panel listriknya. Jadi dari sanalah keluar api, kemudian merambat ke atas karena atap yang digunakan menggunakan ilalang sehingga sempat menyebar ke villa lainnya,” terangnya.

Dijelaskan, pada saat itu api cepat melalap habis beberapa kamar hotel karena sebagian besar atap bangunan hotel Oceano Resort Jambuluwuk menggunakan alang-alang. Terlebih kondisi cuaca dan angin yang cukup kencang. Sehingga menyebabkan si jago merah cepat menyebar hampir ke seluruh bangunan yang ada di hotel.

Untuk pemadamannya sendiri masih dilakukan secara manual oleh masyarakat sekitar. Lantaran belum adanya alat pemadam yang memadai, apalagi lokasinya yang jauh dari daratan. (dpi)