Pemerintah Pastikan MotoGP Digelar Oktober di Sirkuit Mandalika

0

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Pemerintah pusat memastikan event balap dunia, MotoGP akan digelar di sirkuit Mandalika pada bulan Oktober 2021.

“Kemarin Pak Presiden melalui Menteri Pariwisata menyatakan untuk MotoGP tetap digelar Oktober ini,”kata gubernur NTB, Zulkieflimansyah, Senin (22/2/2021) di Praya.

MotoGP adalah event nasional dan internasional. Dan Jokowi tetap mengintruksikan untuk melaksanakan MotoGP di sirkuit Mandalika.

Bahkan, kejuaraan dunia world superbike di sirkuit Mandalika juga sudah dirilis yakni bulan November mendatang. Baik MotoGP maupun world superbike promotornya sama-sama Dorna.

Sehingga ke depan, tantangan yang dihadapi tinggal pandemi Covid-19. Terkait hal itu, pemerintah daerah akan meminta kepada Kementerian Pariwisata agar Provinsi NTB bisa menjadi wilayah prioritas untuk program vaksinasi.

“Karena ada destinasi super prioritas. Atau minimal masyarakat di sekitar sirkuit ada prioritas untuk vaksin,”ujarnya.

Sementara untuk pembangunan sirkuit saat ini sudah mencapai 58 persen. Dia optimis pembangunan sirkuit bisa tuntas sesuai target.

“Pokoknya on the track. Dan pembangunan sirkuit ini bukan dibuat setengah-tengah. Sekali aspal langsung selesai. Tidak boleh berhenti. Jadi cepat,”katanya.

Sebelumnya, PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) melalui rilis yang diterima Inside Lombok menyatakan kalau pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK) hingga pertengahan Februari secara keseluruhan telah mencapai 58 persen.

JKK dengan panjang lintasan 4,31 km ini salah satu fungsinya adalah sebagai venue pagelaran ajang balap motor IndonesianGP.

“Kami terus pantau dengan ketat proses pekerjaan proyek ini karena pekerjaan harus dilakukan dengan teliti dan presisi. Dan kami optimis proyek ini dapat berjalan lancar dan sesuai tenggat waktu dengan hasil final homologasi nanti dapat sesuai standar dari FIM,”ujar Managing Director KEK Mandalika, Bram Subiandoro.

Kegiatan ground work, pemasangan pagar beton keliling JKK, dan timbunan tanah serta pekerjaan ground improvement sudah rampung pada akhir bulan Januari 2021.

Sementara kegiatan pembangunan saat ini antara lain persiapan Aspal AC-Base Track, pemasangan saluran Haura Ton, pekerjaan Gravel Bed, Backfill Retaining Wall, penanaman rumput, dan pengaspalan service road sepanjang 1,8 km.

Proses pengaspalan untuk service road dilaksanakan dengan hati-hati dan presisi karena harus memiliki permukaan yang halus dan terjaga dari kerusakan.