Pemprov Akan Buat Diorama NTB Senilai Rp 5 Miliar

Gedung Perpustakaan dan Arsip Provinsi NTB (Sumber foto: dpkp.ntbprov.go.id)

Mataram (Inside Lombok) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Nusa Tenggara Barat akan merencanakan pembuatan diorama di tahun 2019. Diorama┬ámerupakan sejenis benda miniatur tiga dimensi untuk menggambarkan suatu pemandangan atau suatu adegan.

Walaupun kepastian dana belum ada, namun Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB sudah mengajukan anggaran dana 2019. Estimasi dana yang dibutuhkan untuk menjalankan pembuatan diorama ini bisa mencapai sekitar Rp 5 Miliar.

Pembicaraan tentang rencana pembuatan diorama di tahun 2019 mendatang ini dimulai sehubungan dengan pencapaian prestasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB tahun 2015 lalu pada Pertemuan Penyerahan E-Arsip dengan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis dari Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dengan Wakil Gubernur Provinsi NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd pada hari Selasa (6/11/2018).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB, H. Manggaukang, memaparkan bahwa rencananya diorama ini akan bertempat di Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Daerah yang memiliki ruangan cukup luas. Bahkan rencananya, sejarah yang terjadi di NTB dari tahun 1958 (sejak NTB lahir) akan dibuatkan dalam bentuk film.

“Karena NTB merupakan daerah pariwisata, kami akan membuat bahwa arsip di sini adalah salah satu destinasi wisata dengan dioramanya yang ada,” ungkap Manggaukang, Selasa (6/11/2018).

Fasilitas yang rencananya nanti ada dalam diorama ini meliputi bermacam-macam sketch gambar. Kemudian beberapa fasilitas yang memuat perkembangan NTB dari masa ke masa. Selain itu barang elektronik yang wajib diadakan berupa PC, Proyektor, dan Media Player.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB ini sempat mendapatkan penghargaan di tahun 2015 lalu sebagai Runner Up II atau peringkat 5 dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia. Selain itu, Manggaukang juga mengatakan bahwa penilaian dari pusat terhadap beberapa lembaga kearsipan daerah di Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Kota Bima dan Kota Mataram sudah baik.

“Tahun ini sampai awal tahun 2019 kearsipan di semua bidang pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB akan segera tertata dengan baik,” ujarnya.

Bagi yang ingin melihat kondisi NTB pada zaman dulu dapat mengunjungi diorama kecil yang berlokasi di kantor Badan Perpustakaan dan Arsip Gerimax, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Penataan arsip aktif dan inaktif ada di sana juga. (IL4)