Polda NTB Temukan Sembilan Informasi Hoaks Corona di Media Sosial

330
Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto ketika memberikan keterangan pers terkait informasi hoaks corona yang tersebar di media sosial usai melaksanakan ibadah shalat Jumat di Masjid Baitussalam Polda NTB, Jumat (20/3/2020). (Inside Lombok/ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (Inside Lombok) – Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat, menemukan sembilan informasi hoaks terkait virus Corona atau Coronavirus Disesase 2019 (COVID-19) yang menyebar luas di media sosial facebook.

“Kemarin kita sudah patroli siber, kita temukan sembilan informasi hoaks tentang corona. Enam informasi kita dapatkan di Pulau Lombok, tiga lainnya di Pulau Sumbawa,” kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto di Mataram, Jumat.

Dari temuan tersebut, pihak kepolisian melalui laporan permohonannya ke pihak pengelola facebook, telah melakukan take down. Informasi hoaks yang diunggah dalam status pemilik akun telah dihapus.

“Jadi langkah pertama itu, unggahan statusnya kita take down supaya tidak menyebar luas,” ucapnya.

Untuk langkah selanjutnya, pihak Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda NTB melalui tim cyber troops, melakukan serangkaian kegiatan lapangan dengan mengambil keterangan para pemilik akun yang menyebarkan informasi hoaks.

“Kita cek dulu, kita mintai keterangan pemilik akun, apakah benar dia pemilik akun yang menyebarkan informasi tersebut atau dipinjam orang lain, terus motifnya apa, itu yang menjadi langkah lanjutan,” ujarnya.

Akun penyebar informasi hoaks yang menyebutkan seorang pria positif terpapar virus Corona di wilayah Lombok Tengah juga dikatakan Artanto masuk dalam rangkaian kegiatan tim cyber troops di lapangan.

“Termasuk itu (seorang pria positif terpapar virus corona), apa motif yang bersangkutan,” katanya. (Ant)