Satgas Pangan NTB Cek Pasokan Dan Harga Bahan Pokok

Kasatgas Pangan NTB Kombes Pol I Gusti Putu Gede Ekawana Putra (kedua kiri) bersama pihak dinas perdagangan ketika melakukan sidak pasokan dan harga bahan pokok di Lotte Grosir, Mataram, NTB, Jumat (20/3/2020). (Inside Lombok/ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (Inside Lombok) – Satuan Tugas (Satgas) Pangan Nusa Tenggara Barat dari pihak kepolisian dan dinas perdagangan setempat, melakukan cek pasokan dan harga bahan pokok di kawasan pasar tradisional dan ritel modern sekelas pasar swalayan wilayah Kota Mataram.

Kasatgas Pangan NTB Kombes Pol I Gustu Putu Gede Ekawana Putra di Mataram, Jumat, mengatakan, sampai saat ini pasokan dan harga bahan pokok masih nisbi normal.

“Kita sudah cek, jadi masyarakat tidak perlu panik untuk membeli kebutuhan pokok, karena pasokan dan harga masih relatif normal,” kata Kombes Pol Ekawana Putra yang ditemui usai melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di Mataram.

Begitu juga dengan tujuan dari turun lapangannya, Satgas Pangan NTB ingin memastikan bahwa pasar tradisional dan ritel modern tidak tutup hingga akhir puasa seperti kabar yang tersebar luas di tengah masyarakat.

“Setelah kita cek, itu hanya isu saja. Kita meminta para pedagang tetap berjualan, pasar dan retail modern harus tetap buka supaya masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pokoknya setiap hari,” ucapnya.

Dalam sidaknya, Satgas Pangan NTB juga telah meminta pihak ritel modern agar membatasi daya beli masyarakat. Khususnya dalam hal kebutuhan pokok.

“Kalau pembeliannya tidak wajar, berlebihan, tanyakan, pastikan apakah untuk dikonsumsi sendiri atau dijual,” kata pejabat Polri melati tiga yang masih aktif menjabat Dirreskrimsus Polda NTB tersebut.

Ada empat lokasi sidak yang dikunjungi Satgas Pangan NTB, yakni pasar Kebon Roek, pasar Mandalika, Lotte Grosir, dan Hypermart di Lombok Epicentrum Mall (LEM). (Ant)