Polresta Mataram Sediakan Layanan Zoom Meeting Bagi Tahanan yang Rindu Bertemu Keluarga

Mataram (Inside Lombok) – polresta Mataram melakukan layanan zoom meeting untuk besuk pasien. Ini diinisiasi langsung Kapolresta Mataram, Kombes Pol Heri Wahyudi. Didasari oleh pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai.

Sudah tidak ada pertemuan tatap muka untuk keluarga tahanan yang datang membesuk. Kini diganti oleh layanan zoom meeting.

‘’Kita ingin menerapkan aturan ketat untuk menjaga dan menjalankan protokol kesehatan. Tidak ada pertemuan tatap muka atau pertemuan langsung tahanan dengan keluarganya karena masih pandemi. Kita berikan layanan zoom meeting sebagai gantinya untuk penerapan protokol kesehatan,’’ ungkap Kapolresta Mataram, Kombes Pol Heri Wahyudi, Jumat (12/03/2021).

Layanan ini diberlakukan mulai Selasa (02/03/2021). Peruntukannya bagi keluarga tahanan yang ingin berkomunikasi. Sistem atau cara kerjanya tidaklah sulit. Pihak keluarga terlebih dahulu mendaftar ke Sat Tahti melalui nomor yang sudah ditentukan. Lalu melakukan registrasi.

Layanan ini diberlakukan dan dibuka dua kali sepekan. Yakni di hari Selasa dan Jumat. Untuk hari Selasa mulai pukul 09.00 sampai pukul 13.00 Wita. Hari Jumat mulai pukul 09.00 sampai pukul 11.00 Wita. Layanan ini juga dibuka saat perayaan hari keagamaan mulai pukul 09.00 sampai pukul 12.00 Wita.

‘’Ini semua untuk penerapan protokol kesehatan. Tujuannya tidak lain untuk memfasilitasi tahanan bertemu dengan keluarganya. Tapi tidak secara langsung. Tapi melalui aplikasi zoom meeting,’’ bebernya.

Layanan ini juga untuk mendukung zona integritas yang terus digaungkan Polresta Mataram. Di masa pandemi ini, tahanan dan keluarga sudah tidak diperbolehkan bertemu secara langsung. Sedangkan untuk menitipkan makanan masih diperbolehkan. Caranya dengan melapor dan dititip ke SKPT Polresta Mataram.

‘’Nanti makanan yang dititip itu dibawa oleh petugas SPKT ke ruang tahanan,’’ kata Kasat Tahti Polresta Mataram, Iptu I Made Sudarsa.

Untuk teknis pengoperasian layanan zoom meeting ini, dua nomor disiapkan Sat Tahti untuk registrasi pihak keluarga. Tahanan tetap menggunakan baju tahanan setelah tersambung dengan keluarga. Kepolisian menyediakan layar monitor 20 inci untuk layanan zoom meeting ini.

‘’Selama zoom meeting. Tahanan diawasi secara ketat oleh dua orang petugas. Setelah menggunakan baju tahanan. Tahanannya kita keluarkan di ruang tengah rutan Polresta Mataram,’’ bebernya.

Waktu yang disediakan hanya 15 menit untuk satu orang tahanan. Setelah selesai, petugas menggantinya dengan keluarga tahanan lainnya yang sudah registrasi.

’’Cuma 15 menit waktunya untuk satu orang tahanan. Ini waktunya sudah lebih dari cukup,’’ tuturnya.

Sudarsa menjelaskan, layanan ini juga sarana untuk keluarga tahanan bisa berkomunikasi. Dengan berkomunikasi langsung dengan keluarga. Tahanan bisa terobati kerinduannya dengan keluarga besarnya.

‘’Tanggapannya positif semua dari keluarga tahanan. Layanan ini akan terus kita kembangkan lagi. Ini masih pandemi jadi belum boleh tatap muka secara langsung,’’ katanya.