Pos Indonesia Permudah Pengiriman Produk UMKM NTB Secara Global

Penandatangan kerjsama PT. Pos Indonesia oleh Executive general manager A. Saiful Bahri
dan PT. NTB Mall Gemilang Ricky hartono putra, Kamis (9/9) Siang di NTB Mall. (Inside Lombok)

Mataram (Inside Lombok) – PT. Pos Indonesia (persero) menjalin Kerjasama dengan PT. NTB Mall Gemilang terkait pengelolaan agen pos jasa kurir outlet fisik. Kerjasama dengan PT. Pos Indonesia dinilai sangat tepat karena melayani semua ekosistem.

Hal itu dikatakan Executive Vice Presiden Kantor RegionalV PT. Pos Indonesia (Persero) Surabaya, Ki Agus Mugammad Amran saat memberikan sambutan Kamis (9/9) di NTB Mall. Ia mengatakan, jaringan PT. Pos Indonesia sudah mencakup domestik dan internasional. Untuk pengiriman ke luar negeri, tarif yang diberikan disebut paling murah jika dibandingkan dengan jasa pengiriman lainnya.

“Kalau pos itu jaringannya domestik dan internasional. Kalau internasional tergabung dalam Universal Postal Union atau organisasi kantor pos seluruh dunia. Jadi kalaupun kita pengiriman tarif kita paling murah. Karena kita juga antar govermen kerjasamanya,” katanya.

Sehingga dengan adanya kerjasama ini, bisa mendorong para UMKM tidak saja memasarkan produknya di dalam daerah melainkan juga berskala internasional. Di daerah lain seperti Bali, omzet kantor pos paling banyak bersumber dari agen pos.

“Jadi kita mengajak masyarakat UMKM untuk menjadi mitra kami untuk pengelolaan kantor pos sebagai agen pos. Karena bisa mengelola pengiriman produknya sendiri,” ungkap Amran.

Hingga saat ini Kantor Pos terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Kantor Pos sudah memiliki aplikasi “aja”. Aplikasi ini hampir sama dengan Gojek.

“Kita sudah launching. Kan itu kebutuhannya. Dan potensi -potensi kiriman COD marak juga sudah kami siapkan juga. Mudah-mudahan itu menjadi solusi dalam masa pandemic. Untuk bayarnya juga kita arahkan untuk menggunakan digital pospay. Kita optimis NTB Mall akan berkembang setelah Kerjasama dengan Kantor Pos,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, H. Lalu Fathurrahman mengatakan, saat ini NTB Mall sudah berusia hampir dua tahun. Porgres NTB Mall sudah cukup signifikan dalam menyerap produk-produk UMpungkasnya

“Tentu secara progress kami katakan sangat signifikan. Saat ini produk UMKM di NTB sudah banyak yang berskala ekpor,” katanya.

Sementara untuk jumlah lapak, sebanyak 3.800 lapak UMKM yang menawarkan berbagai macam produk daerah. Dari ribuan lapak tersebut, para konsumen yang ada di dalam daerah maupun luar daerah bisa memilih berbagai jenis produk baik makanan maupun kerajinan lainnya.Ia berharap dengan kerjasama yang dilakukan, tidak ada permasalahan lagi dengan pengiriman produk ke pembeli.

“kedepan tidak ada permasalahan lagi untuk pengiriman. Kalau perjanjian ini tetap berlangsung,” pungkasnya.