Ratusan Personel Pasukan Penerjun TNI AD Ikuti Latgab di Desa Pengembur

230
Personel Penerjun TNI AD tiba di Lombok (Inside Lombok/Ist)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Sebanyak 380 personil pasukan penerjun terbaik TNI Angkatan Darat akan mengikuti Latihan Gabungan Utama Lintas Udara (LATGABUT) tahun 2022 di Desa Pengembur Kecamatan Pujut, Lombok Tengah (Loteng) yang akan berlangsung pada, Sabtu (17/9/2022) mendatang.

Dandim 1620/Loteng, Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan mengatakan persiapan lahan untuk lokasi pendaratan pasukan penerjun yang disiapkan oleh pihaknya merupakan wujud dukungan Kodim 1620/Loteng dalam mensukseskan pelaksanaan latihan gabungan TNI AD.

“Penyiapan lahan pendaratan tersebut dilakukan dalam rangka untuk mendukung kegiatan pelaksanaannya ada ada 380 personil pasukan yang akan ikut andil dalam LATGABUT ini dan akan melaksanakan pendaratan penerjunan,” katanya, Rabu (15/9/2022).

Dijelaskan Dandim, persiapan demi persiapan sedang dan sudah dilaksanakan baik dari kodim sebagai pendukung maupun para personel penerjun TNI AD untuk menyiapkan diri dan perlengkapannya untuk melaksanakan latihan penerjunan.

“Saat ini para personil penerjun sudah tiba di Lombok dan akan melakukan persiapan untuk menyiapkan diri dan perlengkapannya yang akan menunjang dalam pelaksanaan latihan,” jelasnya.

Selain itu, para personil penerjun akan Take-off dari BIZAM dengan menggunakan dua Pesawat Hercules untuk melaksanakan penerjunan, dengan menggunakan perlengkapan militer dan akan melaksanakan landing terjun pada titik yang sudah di tentukan di wilayah desa Pengembur.

“Jadi hari sabtu pagi nanti kita akan sama sama melihat dan menyaksikan langit Loteng khususnya Desa Pengembur akan dipenuhi oleh para penerjun payung TNI, sekilas dilihat dari bawah akan seperti ubur ubur di lautan,” terang Letkol I Putu Tangkas.

Harapannya dengan adanya latihan gabungan utama lintas udara TNI AD ini bisa menjadi daya tarik masyarakat sekitar dan motivasi para pemuda pemudi di Loteng ikut ambil bagian sebagai penyemangat untuk memberikan bukti kedekatan TNI dengan rakyat,” pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Desa Pengembur Sultan mengatakan warga masyarakat Desa Pengembur sangat antusias menyambut kedatangan para personil para penerjun terbaik TNI AD di desanya, selain ini dilakukan baru pertama kali.

“Kita sambut dengan antusias, begitu juga dengan warga masyarakat kami disini” tuturnya. Untuk itu, pemdes sendiri telah mengarahkan masyarakat, ponpes dan sejumlah sekolah untuk turut memeriahkan acara tersebut dengan cara menonton langsung ke lokasi. (fhr)