RS Bhayangkara Mataram Siapkan Fasilitas Penanganan Dini Pasien Corona

Mataram (Inside Lombok) – Rumah Sakit Bhayangkara Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyiapkan fasilitas penanganan dini untuk pasien yang baru dinyatakan suspect┬ávirus corona atau COVID-19.

“Jadi dari kita sudah siap, untuk APD (alat pelindung diri) kita sudah ada,” kata Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Mataram AKBP dr I Komang Tresna, di Mataram, Senin.

Bila pasien tersebut menunjukkan gejala awal dari virus corona, pihaknya akan langsung memberikan rujukan kepada pasien agar mendapat perawatan secara intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) NTB.

“Kalau memang ditemukan indikasi, kita akan rujuk langsung ke RSUD NTB, itu protap (prosedur tetap) yang kita buat bersama untuk penanganan corona,” ujarnya.

Bahkan dalam kesiapannya, pihak RS Bhayangkara Mataram dikatakannya telah menggelar simulasi penanganan pasien COVID-19.

“Itu bulan kemarin, kita gelar simulasi dengan tim RS Bhayangkara Mataram,” ucapnya.

Selain menyampaikan kesiapan, pihak rumah sakit dalam kegiatan hariannya kerap menyosialisasikan kepada masyarakat yang datang berobat tentang langkah pencegahan dan antisipasi COVID-19.

Bahkan untuk mencegah dan mengantisipasi penyebarannya di rumah sakit, pihaknya telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

“Agar masyarakat yang datang berobat bisa lebih aman dan nyaman, kita melakukan penyemprotan disinfektan di areal rumah sakit, itu sudah kita laksanakan,” kata Tresna. (Ant)