Salurkan Santunan, Forta Lobar Berbagi Kebahagiaan untuk Yatim Piatu dan Dhuafa

58
Sebagian dari penerima santunan yang diinisiasi oleh Forta Lobar dengan beberapa pihak terkait lainnya. Sabtu (23/04/2022). (Inside Lombok/Istimewa).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Harapkan beribu berkah, tebar beribu kebaikan di bulan suci Ramadan, Forum Waratwan Lombok Barat (Forta Lobar) serahkan santusan ratusan paket sembako dan uang tunai untuk anak yatim piatu, fakir miskin dan kaum dhuafa di berbagai kecamatan. Sekaligus sebagai rangkaian acara HUT Lobar yang ke-64 tahun.

Agenda santunan rutin yang digelar setiap bulan Ramadan ini berkolaborasi dengan berbagai pihak. Mulai dari Pemda Lobar, Baznas Lombok Barat, Bank NTB Syariah, PT. Air Minum Giri Menang, PT. Maulana Raya, PT. Pelindo, Alfamart, PT. Om Agus Lembar, Aruna Senggigi, Holiday Restort Lombok, PT. Indonesia Power (PLTU Jeranjang), hingga PT. DIU dan PT. PDS Lembar.

Agenda yang dihadiri oleh Asisten III Setda Lobar, H. Ilham dan Pimpinan Baznas Lobar, TGH. Syukri, serta Wakil Ketua II DPRD Lobar, H. Imam Kafali itu pun mendapat apresiasi. Terlebih di situasi sulit akibat pandemi saat ini, banyak warga yang turut terdampak dan membutuhkan bantuan.

“Kami sangat mengapresiasi acara ini, bahwa ini adalah suatu hal yang sangat penting dalam berbagi dan membagi rasa kepada masyarakat. Terutama yang kurang mampu,” ungkap Pimpinan Baznas Lobar, TGH. Syukri, saat menghadiri acara santunan di Dusun Jerneng Mekar, Desa Terong Tawah, Sabtu (23/04/2022).

“Apa yang teman-teman Forta lakukan ini adalah bagian daripada jihad dan perjuangan yang sangat bernilai sekali. Apalagi dilaksanakan di bulan Ramadan,” imbuhnya.

Langkah ini pun diharapkan dapat terus berlanjut, untuk bisa meningkatkan kualitas SDM yang ada. Bahkan, pihaknya juga telah menyiapkan beasiswa bagi para mahasiswa kurang mampu. Serta, untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan menyediakan dana berobat juga bagi warga kurang mampu.

“Ke depannya, kami berharap teman-teman Forta dapat menjadi mitra kami untuk mensosialisasikan zakat juga. Karena zakat ini menjadi hal yang sangat penting untuk mengurangi kemiskinan yang ada di Lombok Barat khususnya,” terangnya.

Dengan begitu, kata dia, harta yang ada tidak hanya berputar di antara orang-orang kaya saja. Supaya seluruh masyarakat yang membutuhkan juga bisa mendapatkan bagian dari harta tersebut.

“Minimal itu kita salurkan zakat konsumtif, atau maksimalnya zakat itu bisa merubah tatanan kehidupannya,” pesan Syukri.

Senada, Asisten III Seda Lobar, H. Ilham juga memberi apresiasi. Bahwa acara santunan yang akan dibagi di berbagai kecamatan itu pun menjadi suatu usaha yang patut disyukuri bersama. Karena Forat Lobar telah memginisiasi hal positif yang dinilai berpartisipasi dalam membantu mewujudkan pembangunan di Lombok Barat.

“Terima kasih kepada pengurus Forta Lombok Barat, yang telah berpartisipasi dalam pembangunan di kabupaten Lombok Barat melalui santunan ini,” sebutnya.

Karena setelah diguncang gempa pada 2018 silam, kemudian dihantam pandemi sejak 2020 lalu, dia mengakui banyak masyarakat yang kehilangan lapangan pekerjaan, hingga kesulitan ekomoni. Sehingga melalui santunan yang diberikan itu, dapat sedikit memberi kemudahan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya diakhir Ramadhan ini.

Kadus Jerneng Mekar, Zulfahmi menyampaikan terima kasih, karena Dusunnya turut terpilih menjadi lokasi santunan yang diberikan oleh Forta Lobar.

“Alhamdulillah terima kasih kepada teman-teman wartawan Lombok Barat yang sudah memilih kampung kami sebagai tempat untuk menyalurkan zakat,” ujar pria yang akrab disapa Fahmi ini.

Di mana ada sekitar 140 KK yang merupakan warga kurang mampu di sana menjadi sasaran penyaluran bantuan tersebut. Diantaranya sekitar 50 warga yang memperoleh santunan uang tunai dan ratusan orang menerima bingkisan sembako.

“Dengan adanya acara berbagi berkah ini tentu sangat membantu masyarakat kita yang terdampak penghasilannya karena pandemi ini,” pungkasnya. (yud)