Sambut MotoGP, Pemkot Mataram Jadwalkan Berbagai Festival

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H. Nizar Denny Cahyadi. (Inside Lombok/Azmah)

Mataram (Inside Lombok) – Untuk menyambut MotoGP 2022 mendatang, Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram mulai menyusun berbagai kegiatan. Hal ini untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah.

“Ada festival peresean, kegiatan yang kemarin juga akan kembali kita lakukan,” kata Kepala Dispar Kota Mataram, H. Nizar Denny Cahyadi. Menurutnya, festival yang digelar pada saat event World Superbike pekan lalu berdampak signifikan terhadap ekonomi kreatif di Mataram. Sehingga, pelaksanaan festival tahun depan diprediksi akan lebih banyak.

“Kemarin itu kita gelar Mataram Mandalika Fair, pameran Mutiara. Itu akan kita lakukan kembali pada saat MotoGP,” katanya.

Lokasi pelaksanaan akan dipusatkan di Kota Mataram sebagai daerah pendukung event internasional tersebut. “Pasti di Mataram. Karena kita akan menyambut tamu yang datang ke Mataram,” tegasnya.

Festival yang digelar kemarin tambah Denny, cukup diminati oleh para pengunjung baik untuk Mataram Mandalika Fair maupun Pameran Mutiara. Transaksi pada kegiatan tersebut terutama di pameran Mutiara mencapai Rp150-200 juta.

“Semua stan yang disiapkan kemarin itu terisi dan banyak pengunjung,” ucapnya. Untuk itu, menjelang event MotoGP Maret 2022 mendatang, pelaku usaha terutama oleh-oleh disarankan mengembangkan jenis jualannya. Oleh-oleh yang dijual tidak hanya ciri khas daerah, melainkan juga terkait event MotoGP yang akan digelar.

“Karya-karya mereka kan itu seharusnya ada yang berkaitan dengan MotoGP. Misalnya untuk oleh-oleh atau cendera mata itu ada yang berkaitan dengan MotoGP. Sehingga wisatawan mau membeli itu untuk suvenir,” sarannya. (azm)