Seorang Laki-laki Ditemukan Tak Bernyawa Dalam Parit

Mayat saat dilakukan evakuasi dan pemeriksaan oleh BPBD Lotim, Senin (02/08/2021). (Inside Lombok/Istimewa).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Warga Desa Sikur, Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur dikejutkan dengan penemuan mayat laki-laki tanpa busana di dalam parit pada Minggu 1 Agustus 2021 kemarin, sekitar pukul 18.00 WITA. Diduga mayat tersebut merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Mayat berjenis kelamin laki-laki tersebut pertama kali ditemukan oleh H Awaludin, salah seorang warga alamat Dusun kebon Pancor, Desa Sikur.

“Dari hasil pemeriksaan bagian luar pada tubuh korban, tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan,”kata Kasat Reskrim Polres Lotim kepada Inside Lombok, IPTU M Fajri Senin (02/08/2021).

Dituturkan, H. Awalaludin menemukan mayat tersebut ketika ia pergi mencari cacing di parit depan rumah tetangganya.

Sesampai di lokasi untuk mencari cacing, H Awaludin terkejut melihat sesosok orang yang telungkup tanpa busana di parit dengan posisi tubuh telungkup dan kepala masuk ke lubang dinding parit. Melihat kejadian tersebut H Awaludin langsung menghubungi Polsek Sikur.

Polisi langsung mendatangi TKP dan menghubungi Puskesmas Sikur serta pihak BPBD Lotim untuk dilakukan evakuasi. Jenazah tersebut kemudian dibawa ke RSUD R Soedjono Selong untuk dilakukan visum.

Diketahui identitas mayat tersebut yakni atas nama Suhandi, warga Desa Lenek Lauk, Kecamatan Lenek, Kabupaten Lotim.

Namun hasil pemeriksaan, ditemukan tanda-tanda hipoksia (kekurangan oksigen), karena pada bagian dada dan kepala mayat tersebut membiru, serta mayat sudah dalam kondisi kaku.

“Kemungkinan korban meninggal lebih dari 8 jam sebelum ditemukan,” katanya.

Jenazah tersebut kini sudah diserahkan kepada keluarganya, serta keluarga menolak untuk dilakukan otopsi.