Siswa SMK 1 Kotaraja Ciptakan Alat Siram dengan Ponsel Kontrol

Alat siram otomatis yang dibuat para siswa, di Sikur, Sabtu (05/09/2020). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Salah satu Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kotaraja Kecamatan Sikur, Lombok Timur, NTB menciptakan alat siram tanaman otomatis yang bisa dikontrol menggunakan ponsel.

Kepala Sekolah SMKN 1 Kotaraja, Salman menuturkan, berawal dari rasa empatinya melihat tukang kebun di sekolah yang harus berkeliling menggotong selang untuk sekedar menyirami tanaman. Para siswa berinisiatif membuat alat otomatis untuk meringankan beban tukang kebun.

Alat siram otomatis tersebut diberi nama KASO (Kotaraja Alat Siram Otomatis). Alat siram otomatis yang terbuat dari beberapa rangkaian ekektronik yang bisa ini dikontrol melalui ponsel pintar dengan menginstal aplikasi Arduino Bluetooth Controller dari Playstore.

“Karena alat tersebut disambungkan dengan bluetooth, maka jarak kontrol tidak bisa terlalu jauh dengan alat siram, kedepan kami dengan siswa akan kembangkan alat tersebut dengan menggunakan sambungan internet. Agar jarak kontrolnya bisa mencapai jarak yang lebih jauh,”katanya.

Alat yang diciptakan oleh siswa siswa jurusan ATPH (Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultira) yang bekerja sama dengan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) tersebut sudah mulai dipasarkan, dengan dibandrol Rp1 juta.

“Dengan begitu kita bisa menciptakan siswa yang mandiri,” katanya.

Salman menuturkan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengembangan alat tersebut. Kedepan alat tersebut akan dilengkapi dengan sensor PH. Agar alat tersebut bisa menyiram sendiri ketika tanah di sekitarnya mulai mengering maka alat tersebut akan langsung menyiram atau akan ada laporan ke ponsel bahwa tanah sudah butuh air untuk PH normal.

“Kita berharap nantinya alat yang diciptakan siswa ini bisa diproduksi massal,” ucapnya.