Soal DPT Bocah di Loteng, Keluarga Klaim Ingatan Paman Ikbal Normal

Anak usia 7 tahun ini sebelumnya tercatat sebagai pemilih di Pilkada Loteng. (Inside Lombok/Ida Rosanti)

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Keluarga Ikbal Yade Zulpabian, anak usia tujuh tahun yang dikabarkan masuk daftar pemilih tetap (DPT) di Pilkada Loteng keberatan kalau paman Ikbal, Sumaidi disebut mengalami gangguan ingatan.

“Yang jelas kondisinya normal 100%. Dan Sumaidi, pamannya Ikbal jadi tenaga kerja saya di proyek. Kok tiba-tiba divonis begitu”,kata keluarga Sumaidi, Kamsiah, Jum’at (4/9/2020).

Diketahui bahwa Sumaidi merupakan orang yang berada di rumah saat Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melakukan penelitian dan pencocokan (coklit).

Oleh petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu, Sumaidi disebut mengalami gangguan ingatan. Karena menyampaikan kalau dirinya bernama Ikbal. Sehingga membuat Ikbal, bocah usia tujuh tahun itu masuk tercatat ke daftar pemilih.

Namun belakangan Ikbal dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan tidak dimasukkan ke sistem data pemilih (Sidalih).

Akan tetapi, pihaknya tetap tidak terima kalau Sumaidi disebut mengalami gangguan ingatan seperti yang disampaikan oleh Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Loteng, Lukmanul Hakim.

“Sumaidi hidup normal dan tidak mengalami gangguan kesehatan apapun”,katanya.

Dia menuturkan, saat datang melakukan Coklit, PPDP menanyakan nama gadis ibunya Ikbal yang merupakan kakak kandung Sumaidi.

“Sumaidi menjawab namanya Inak Ikbal. Tapi PPDP tulis nama Ikbal ke form pendaftaran. Salah paham. Makanya jadi temuan Bawaslu”, katanya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Loteng, Lukmanul Hakim mengatakan, keterangan tentang Sumaidi mengalami gangguan ingatan berdasarkan hasil investigasi PPDP yang melakukan coklit.

“Saya mengatakan Sumaidi mengalami gangguan ingatan karena hasil investigasi petugas di bawah”, katanya.

Setelah adanya keberatan dari pihak keluarga, Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat sudah diminta untuk mendatangi pihak keluarga untuk melakukan klarifikasi kepada ibunya Ikbal.

“Jadi Sumaidi tidak mengalami gangguan ingatan”,katanya.

Sumaidi saat ini sudah tercatat sebagai daftar pemilih tetap di Pilkada Loteng Desember mendatang.