Sumbawa Diguncang Gempa Magnitudo 5,0

(sumber: BMKG)

Mataram (Inside Lombok) – Gempa dengan kekuatan Magnitudo 5,0 telah mengguncang Pulau Sumbawa dan sekitarnya pada hari Senin siang (22/04/2019) pukul 14.49 WITA.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat titik pusat gempa berada di 68 kilometer bagian tenggara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Kedalaman gempa diketahui sejauh 78 kilometer di atas permukaan laut pada titik koordinat 9.10 LS, 117.51 BT. Berdasarkan rilis dari BMKG, gempa berkekuatan Magnituo 5,0 ini tidak berpotensi tsunami.

Goncangan gempa juga sempat terasa di sebagian wilayah Pulau Lombok dan Bali. Kekuatan yang dirasakan di berbagai wilayah, dituliskan dalam skala MMI (Modified Mercalli Intensity) oleh BMKG.

Gempa Magnitudo 5,0 terasa di daerah Lombok Tengah yang tercatat kekuatan yaitu MMI III, MMI III Mataram, MMI III Sumbawa, MMI III Denpasar, MMI II Lombok Utara, MMI II Nusa

Para warga diharapkan untuk tetap tenang dan tidak panik akan guncangan di wilayah Pulau Sumbawa ini, melainkan selalu waspada dan lebih siap dalam menghadapi gempa apabila terjadi kembali.