Wali kota: Pandemi bukan Kendala Pengembangan Prestasi Olahraga

Mataram, 18/3 (Inside Lombok) – Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mengatakan, pandemi COVID-19 yang masih berlangsung saat ini bukan menjadi kendala untuk melemahkan semangat dan menurunkan kreativitas dalam pengembangan prestasi khususnya di bidang olahraga.

“Karenanya sebagai induk organisasi, KONI paling bertanggung jawab dan saya berharap kita semua bersinergi antar pemangku kepentingan dan semua unsur untuk memajukan kualitas olahraga kita,” katanya saat memberikan sambutan sebelum membuka rapat kerja Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Mataram di Aula Pendopo Wali Kota Mataram, di Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kamis.

Dikatakan, salah satu tanggung jawab KONI adalah untuk melakukan pembinaan atlet serta pengawalan rencana-rencana kerja agar Kota Mataram selalu memiliki prestasi dalam bidang olahraga.

Karena itu, diharapkan kepada seluruh pengurus KONI Kota Mataram agar talenta atlet-atlet tetap diasah, serta mendukung atlet-atlet tersebut dengan sumber daya agar atlet meraih impian dan cita-cita untuk kebanggan keluarga, kota, bangsa dan negara.

Selain itu, pengurus KONI Kota Mataram harus membangun harmonisasi, kedekatan emosional dengan atlet-atlet melalui pendekatan yang lebih modern serta merealisasikan rencana-rencan kerja dengan lebih konsisten.

“Hal yang paling penting adalah terus menjaga semangat dan kekompakan kita semua agar prestasi olahraga kita semakin meningkat,” katanya.

Sementara itu Ketua KONI Kota Mataram H Firadz Pariska dalam sambutannya mengatakan di tengah pandemi COVID-19, KONI sebagai organisasi bertanggung jawab melaksanakan agenda kerja yang telah ditetapkan.

Sejauh ini, katanya, sebanyak 36 atlet Kota Mataram mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat mengikuti Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan dilaksanakan Oktober mendatang serta Pelatda Sangkareang untuk PON Provinsi NTB tahun 2022.

“Bahkan, beberapa atlet dari Kota Mataram juga mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) untuk bertanding di SEA GAMES di Vietnam,” katanya.

Lebih lanjut Firadz mengatakan Wali Kota Mataram sebelumnya menerapkan standar tinggi dengan prestasi juara umum yang di raih Kontingen Kota Mataram dengan raihan 112 emas pada PON Provinsi NTB.

“Untuk meraih target prestasi tersebut dibutuhkan satu tekad yang kuat dan sinergi untuk antar komponen olahraga sehingga dapat mempertahankan gelar juara umum,” katanya.

Kegiatan pembukaan rapat kerja KONI Kota Mataram tersebut dihadiri juga oleh Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman, Sekda Kota Mataram H Effendy Eko Saswito, Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Mataram, jajaran pengurus KONI Kota Mataram serta sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. (Ant)