27.5 C
Mataram
Kamis, 20 Juni 2024
BerandaBerita UtamaWisata Sungai Mencerit Banjir, Masyarakat Diminta Tak Berkunjung Sementara Waktu

Wisata Sungai Mencerit Banjir, Masyarakat Diminta Tak Berkunjung Sementara Waktu

Lombok Timur (Inside Lombok) – Banjir bandang melanda daerah wisata Sungai Mencerit yang ada di Kecamatan Pringgasela, Selasa (15/11). Peristiwa itu menyebabkan kerusakan jaringan pipa masyarakat di lima desa.

Salah satu Petugas Penyedia Air Minum Desa (PAMDes) Aik Dewa, Ariadi Zulmi menuturkan saat ia dan petugas lainnya memperbaiki jaringan pipa yang rusak, tiba-tiba banjir datang dengan derasnya dari aliran sungai. Mereka pun bergegas naik ke pinggir sungai.

“Saat kita memperbaiki pipa PAM kemarin, tiba-tiba air yang cukup deras datang dari utara,” ungkapnya saat ditemui di Sungai Mencerit, Rabu (16/11).

Pengunjung yang sedang menikmati wisata Sungai Mencerit pun berlarian untuk menghindari banjir yang cukup deras. Namun aliran air yang deras dengan volume yang cukup tinggi membuat air naik hingga ke daratan dan menyebabkan dua motor pengunjung terbawa arus.

- Advertisement -

“Dua motor pengunjung saat parkir terbawa arus kemarin, tapi barusan (16/11) berhasil ditemukan keduanya di lokasi yang cukup jauh dari lokasi semula,” tuturnya.

Tak hanya motor, seorang petugas PAMDes juga ikut terbawa arus saat memperbaiki jaringan pipa. Namun beruntungnya masih bisa selamat dari deburan air yang cukup deras dari aliran Sungai Mencerit tersebut.

“Teman itu hanyut sampai beberapa meter, tapi beruntungnya masih bisa ke pinggir dan selamat,” jelasnya.

Dari kejadian tersebut, Kapolsek Pringgasela, IPDA Ari Triwibowo mengimbau kepada masyarakat agar tidak berkunjung terlebih dahulu ke wisata aliran sungai atau ke wisata air terjun. Terutama di tengah terpaan curah hujan seperti saat ini, hal itu agar kejadian serupa dan juga korban jiwa dapat dihindari.

“Kita imbau masyarakat khususnya di wisata Sungai Mencerit agar tidak berkunjung terlebih dahulu, apalagi curah hujan yang cukup tinggi ini membuat volume aliran sungai jadi meningkat,” tuturnya pada Inside Lombok saat memantau lokasi Sungai Mencerit, Rabu (16/11). (den)

- Advertisement -

Berita Populer