26.5 C
Mataram
Minggu, 26 Mei 2024
BerandaDaerahNTBDukung Mudik Gratis ke Pulau Sumbawa, DAMRI Mataram Siapkan 4 Bus

Dukung Mudik Gratis ke Pulau Sumbawa, DAMRI Mataram Siapkan 4 Bus

Mataram (Inside Lombok) – DAMRI Mataram bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dan Bank NTB Syariah siap mendukung penyelenggaraan mudik gratis 2024. Nantinya sebanyak 4 bus akan disediakan untuk mengangkut para calon pemudik ke kampung halaman di Pulau Sumbawa.

Penyediaan mudik gratis ini setiap tahunnya disiapkan oleh pemerintah bertujuan untuk memberikan akses transportasi yang mudah dan terjangkau bagi masyarakat yang merayakan idul fitri di kampung halaman.

“Ada permintaan mudik gratis dari provinsi dan Bank NTB Syariah. Di mana Bank NTB Syariah 1 bus dan provinsi 3 bus, dan itu mulai tanggal 6 April 2024, hanya mudik saja,” ujar General Manager Damri Mataram, Hilman Azhari, Selasa (2/4).

Terkait program mudik gratis yang disediakan oleh Bank NTB Syariah sendiri sudah ada pesertanya. Sedangkan untuk provinsi belum diketahui, karena penyediaannya ada di Dinas Perhubungan. Di mana mereka yang mengakomodir dan DAMRI hanya menyiapkan transportasinya.

- Advertisement -

“Kalau provinsi kurang tau berapa banyak, tapi Bank NTB syariah sudah close dan kuotanya hanya 45 karena 1 bus. Nanti jadwalnya kemungkinan beda, yang Bank NTB sendiri, provinsi sendiri,” tuturnya.

Dikatakan, untuk kesiapan moda transportasi sendiri sudah dilakukan pengecekan. Dimana DAMRI berkomitmen menyediakan layanan transportasi jalan yang berkualitas, serta menjaga standar keselamatan dan kenyaman penumpang selama perjalanan mudik.

Ditambahkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) NTB, Lalu Moh. Faozal mengatakan pemerintah provinsi (pemprov) NTB melalui Dishub pada tahun ini menyiapkan mudik gratis untuk masyarakat yang ingin pulang kampung. “Mudik gratis kita siapkan, mudah-mudahan busnya siap, ada 4 bus,” katanya.

Selain itu, Dishub NTB juga sudah melakukan kesiapan untuk moda transportasi, baik darat, laut, udara. Di darat juga sudah dilakukan pengecekan semua fasilitas bus, baik yang AKDP maupun antar provinsi. Kemudian untuk laut, rute-rute penyebrangan juga sudah siap. Kapal-kapal sudah dilakukan ram cek dan semua dinyatakan dalam kondisi layak laut dengan kapasitas yang ada dan jumlah armada yang ada. “Saya kira untuk sisi laut relative tidak ada masalah untuk melayani masyarakat yang pergi atau balik ke Lombok,” ujarnya. (dpi)

- Advertisement -

Berita Populer