29.5 C
Mataram
Kamis, 20 Juni 2024
BerandaDaerahNTBKepemimpinan Zul-Rohmi Berakhir, Dewan: Tugas Pj Gubernur Jaga Masa Transisi dan Lanjutkan...

Kepemimpinan Zul-Rohmi Berakhir, Dewan: Tugas Pj Gubernur Jaga Masa Transisi dan Lanjutkan Pencapaian

Mataram (Inside Lombok) – Masa kepemimpinan Gubernur-Wakil Gubernur NTB, Zulkieflimansyah – Sitti Rohmi Djalillah resmi berakhir hari ini, 19 September 2023. Setelahnya, pembangunan satu tahun ke depan akan dinahkodai oleh Penjabat (Pj) Gubernur NTB.

Melihat situasi itu, Anggota Komisi V DPR RI, Suryadi Jaya Purnama (SJP) menyebut ada dua hal pokok yang harus dilakukan Pj Gubernur ke depan, mengingat jabatan itu nantinya memiliki kewenangan besar dalam mengelola NTB bagi kesejahteraan masyarakat. Dua tugas pokok itu antara lain menjaga transisi menuju pemilihan umum kepala daerah, sehingga fokusnya dan tradisi ini berjalan dengan baik. Kemudian melanjutkan dan memelihara capaian-capaian yang sudah ada gitu. Karena penjabat kepala daerah ini tidak punya visi misi secara pribadi.

“Makanya dia fungsinya adalah transisi bagaimana mengamankan transisi kepemimpinan dan juga melanjutkan program-program yang mungkin belum terselesaikan oleh kepala daerah sebelumnya,” tutur SJP, Senin (18/9).

Maka dari itu Pj Gubernur NTB ini diambil dari birokrasi. Sehingga tidak punya visi-visi politik, tetapi lebih kepada agar bagaimana birokrasi ini berjalan tanpa adanya kepala daerah. Untuk itu kenapa penjabat gubernur ini diambil dari pejabat struktural yang memiliki jabatan di pemerintahan bukan dari luar pemerintahan.

- Advertisement -

“Artinya bahwa tugasnya adalah murni memimpin birokrasi dan melaksanakan pemerintahan. Pemerintahan ini tidak boleh ada kekosongan sampai menunggu kepala daerah definitif terpilih pada pilkada serentak yang diagendakan pada November 2024 mendatang,” jelasnya.

Sementara itu, Pj Gubernur NTB fokus pada dua agenda pokok menjelang pemilihan umum, yaitu pemilihan presiden-wakil presiden dan pemilihan legislatif serta pemilihan kepala daerah tingkat provinsi, kabupaten/kota se-NTB, selain agenda-agenda keseharian Pemerintah Provinsi NTB.

Sebagai Informasi, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Sekda NTB, Lalu Gita Ariadi sebagai Pj Gubernur NTB sampai dengan terpilihnya Gubernur dan Wakil Gubernur definitif untuk periode 2024-2029. (dpi)

- Advertisement -

Berita Populer