26.5 C
Mataram
Selasa, 30 April 2024
BerandaEkonomiKhazanah Ramadan di Islamic Center NTB, Lomba E-Sport Bernuansa Religi Siap Meramaikan

Khazanah Ramadan di Islamic Center NTB, Lomba E-Sport Bernuansa Religi Siap Meramaikan

Mataram (Inside Lombok) – Pemerintah Provinsi NTB kembali menggelar Khazanah Ramadan yang dipusatkan di Islamic Center NTB. Untuk menarik kunjungan, kegiatan khazanah Ramadan diramaikan dengan lomba e-sport bernuansa religi.

Lomba e-sport yang diadakan pada khazanah Ramadan ini untuk membantu membimbing anak-anak muda untuk lebih rajin beribadah pada bulan puasa ini. Di mana, tim e-sport yang tidak salat berjemaah maka poin yang diperoleh akan dikurangi.

“Jadi nanti sebelum main mereka harus shalat berjamaah dulu. Sama harus mengaji dulu agar ini bisa menjadi kebiasaan anak-anak ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaludin Malady, Senin (18/3) pagi.

Ia mengatakan, e-sport yang akan dilombakan yaitu Mobile legends dan PUBG. Selain itu, kata-kata yang harus diucapkan selama bermain itu tidak lagi yang bersifat kotor. Melainkan harus diubah dengan kalimat-kalimat baik seperti astagfirullah. “Tidak ada lagi nanti yang kata-kata kotor melainkan astagfirullah dan itu akan diawasi oleh panitia nanti dan akan mempengaruhi nilai,” katanya.

- Advertisement -

E-sport menurutnya dianggap negatif karena kata-kata yang dikeluarkan saat permainan berlangsung banyak sumpah serapah. Namun selama lomba di kegiatan khazanah Ramadan akan diubah ke kalimat yang baik. “Kan e-sport itu dianggap negatif karena ada saja yang mengeluarkan kata fuck atau yang lain,” katanya.

Dijelaskan Jamal, E-sport selama khazanah Ramadan ini juga untuk memudahkan pengawasan kepada anak-anak. Artinya, perlombaan yang diikuti juga biasanya dilakukan di rumah namun selama perlombaan ibadah peserta akan diawasi dengan ketat. “Ini kan kita lombakan. Mereka juga lakukan di rumah ini dan kalau disini kita pantau shalat atau tidak. Jadi harus shalat jamaah dulu baru boleh main,” ungkapnya.

Selain e-sport, Khazanah Ramadan juga akan diramaikan dengan berbagai mata lomba lainnya serta 60 lapak UMKM. Selama kegiatan Khazanah Ramadan diharapkan perputaran uang dan kunjungan masyarakat tinggi. “Kita harapkan perputaran uang yang tinggi nanti di sana. Karena ada puluhan lapak UMKM yang kita siapkan,” tegasnya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer