Dua Pemuda Ini Ikut Festival Teater di Cirebon Mewakili NTB

Pementasan teater "Kasir Kita" karya Arifin C. Noer oleh SFNlabs (Inside Lombok/Dok. SFNlabs)

Mataram (Inside Lombok) – Dua anak muda asal Kota Mataram, Bagus Prasetyo (21) dan Gilang Pratama (18) yang tergabung dalam kelompok SFNLabs Mataram terpilih mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada event Festival Teater Cirebon (FTC) 2019 di Cirebon, Jawa Barat, tepatnya di Gedung Kesenian Nyimas Rarasantang.

Pada event teater berskala nasional yang berlangsung dari tanggal 25-29 April 2019 tersebut kedua pemuda yang masih berstatus pelajar ini akan mementaskan naskah berjudul “Kasir Kita” karya salah satu tokoh teater Indonesia, Arifin C Noer. Naskah tersebut bercerita tentang kesedihan perpisahan yang dirasakan sepasang kekasih dengan segala refleksi kehidupan sehari-hari di dalamnya.

Bagus yang saat ini masih menjadi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah Universitas Mataram menerangkan bahwa proses pementasan tersebut telah dilakukan dari beberapa bulan sebelumnya. Dengan melakukan latihan dan intens berdiskusi dengan beberapa tokoh teater di NTB.

“Berkali-kali kita melakukan diskusi dengan beberapa rekan-rekan teater yang lebih senior. Di antaranya ada Direktur SFNLabs sendiri, Syamsul Fajri, dan Kiki Sulistyo dari Akarpohon,” ujar Bagus, Selasa (23/04/2019).

Bagus juga menerangkan bahwa hadirnya perwakilan NTB dalam FTC merupakan bukti bahwa geliat teater di NTB masih ada. Terlebih yang dilakukan oleh pelajar mengingat dirinya yang masih menjadi Mahasiswa dan Gilang Pratama selaku aktor yang juga masih tercatat sebagai siswa di SMKN 3 Mataram.

Dalam prosesnya Bagus menerangkan salah satu kendala adalah kurangnya dukungan terutama terkait masalah pembiayaan. Diakui Bagus, pihak penyelenggara festival memang memberikan sejumlah dana produksi. Namun dana tersebut ditujukan sebagai biaya transportasi dan konsumsi selama kegiatan berlangsung sementara dalam proses latihan serta persiapan harus dilakukan dengan cara swadaya.

FTC sendiri merupakan event besutan Tjaruban Inc. yang telah dilaksanakan sejak tahun 2014. Dalam penyelenggaraannya, FTC selalu dihadiri perwakilan dari kelompok teater dari berbagai provinsi di Indonesia sertaenghadirkan tokoh-tokoh teater dan pemeranan seperti Putu Wijaya, N Riantiarno, Deddy Mizwar, Jajang C. Noer, Ruth Marini, dan lain-lain.

Untuk tahun ke limanya ini, FTC mengangkat tema “Jejak Arifin C. Noer” sebagai bentuk penghormatan kepada salah satu tokoh besar teater Indonesia yang berasal dari Cirebon tersebut.