Finalis Puteri Indonesia NTB 2020 Siap Jalani Masa Karantina

Ketua Panitia PI NTB 2020, Drg. Farida Istiarini, Sp. Ort., Perwakilan dari Komunitas 4B Lombok Evlyn Syaryeni dan Ami Senitza, Koreografer Putri Indonesia NTB 2020 Ananta Yuliarso, Asisten Koreografer Yulianto, Pageant Lover NTB Arnold Baver, Puteri Indonesia NTB 2017 Kiki Kirana, Puteri Indonesia NTB 2015 Baiq Dwindy dalam Press Conference PI NTB 2020, Minggu (01/12/2019).

Mataram (Inside Lombok) – Acara Pemilihan Puteri Indonesia NTB 2020 akan resmi digelar pada 6 Desember 2019 mendatang di Ballroom Lombok Raya Hotel. Hal tersebut disampaikan oleh pihak panitia dalam press conference yang diselenggarakan pada hari Minggu (01/12/2019) di Hotel Astoria Lombok.

Acara press conference ini turut dihadiri oleh Ketua Panitia PI NTB 2020, Drg. Farida Istiarini, Sp. Ort., Perwakilan dari Komunitas 4B Lombok Evlyn Syaryeni dan Ami Senitza, Koreografer Putri Indonesia NTB 2020 Ananta Yuliarso, Asisten Koreografer Yulianto, Pageant Lover NTB Arnold Baver, Puteri Indonesia NTB 2018 Kiki Kirana, Puteri Indonesia NTB 2015 Baiq Dwindy, serta 20 peserta Finalis PI NTB 2020.

Evlyn Syaryeni, salah satu perwakilan dari Komunitas 4B Lombok menyampaikan bahwa ajang Pemilihan Puteri Indonesia NTB ini dapat dijadikan sebagai wadah bagi puteri NTB untuk menyalurkan bakat dan talenta yang dimiliki. Oleh karena itu, menurutnya peran pemerintah juga sangat diperlukan untuk menunjang kesuksesan jalannya ajang ini.

“Di NTB ini banyak anak-anak muda yang pintar dan kreatif. Tentunya mereka membutuhkan wadah untuk menyalurkan bakat ke arah yang positif. Jadi kita juga membutuhkan dukungan dari Pemerintah Daerah dan Kabupaten/Kota,” ujar Evlyn dalam press conference, Minggu (01/12/2019).

Selanjutnya, para finalis Puteri Indonesia NTB 2020 akan memasuki masa pra-karantina yang dimulai pada tanggal 1-2 Desember 2019 sedangkan masa karantina akan dimulai pada tanggal 3-5 Desember 2019. Para finalis akan memperoleh materi lengkap dari berbagai narasumber di hari pertama masa karantina tersebut.

Ketua Panitia PI NTB 2020, drg. Farida Istiarini, Sp. Ort., menjelaskan bahwa yang berbeda dari penyelenggaraan Pemilihan Puteri Indonesia NTB 2020 ini dengan tahun lalu yakni adanya penyampaian materi mengenai akhlak dari Hj. Erica Zainul Majdi di masa karantina. Di samping itu, peserta dan pihak yang mendukung acara ini juga lebih banyak.

“Hari pertama full materi. Salah satu materi yang disampaikan yaitu tentang pengembangan potensi di daerah, visi dan misi NTB. Ada juga masukan dari Ibu Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, bahaya narkoba dari perspektif hukum, materi akhlak dari Ibu Hj. Erica Zainul Majdi. Harapannya di pembekalan ini peserta bisa menguasai materi narasumber,” terang Farida.

Kemudian kegiatan pada hari kedua masa karantina, 20 finalis PI NTB akan hadir dalam talkshow dengan Lombok tv, belajar catwalk, melakukan kunjungan ke tempat produksi mutiara Lombok, tea time, gala dinner bersama Wakil Gubernur Hj. Sitti Rohmi Djalilah, dan lainnya.

Selanjutnya di hari terakhir masa karantina, para finalis akan menjalani photoshoot dan deep interview. Pada saat deep interview berlagsung, para juri akan berkesempatan untuk menilai finalis yang berpotensi maju ke dalam 10 besar Puteri Indonesia NTB 2020.

Foto: ig (@pejen.mundo)

Mengenai masa karantina tersebut, Koreografer Puteri Indonesia NTB 2020 Ananta Yuliarso mengungkapkan akan ada banyak tahap yang harus dilewati peserta finalis saat acara Pemilihan Puteri Indonesia NTB 2020 berlangsung. Tahap pertama, para finalis akan melakukan perkenalan dengan menyebutkan nama, pendidikan, dan asalnya.

“Setelah perkenalan, finalis akan berganti baju malam, di sana mereka akan catwalk. Peserta harus menunjukkan kalau mereka bisa. Dari situ mulai disaring siapa yang masuk 10 besar. Untuk penilaiannya tidak hanya dari catwalk, tapi dari sejak awal masuk ke tahap awal,” kata Ananta.

Pada tahap ini, 10 finalis terpilih akan menjawab berbagai macam pertanyaan dari juri, sehingga ia menyarankan para peserta untuk memperluas wawasannya. Lalu dari 10 besar ini, finalis melakukan catwalk kembali dengan mengenakan kebaya.

“Dan dari catwalk ini akan disaring siapa yang masuk 3 besar. Setelah 3 besar ini, mereka akan melewati tahap tanya jawab lagi. Dari sini akan dilihat siapa yang memperoleh runner up 1 dan 2 serta juara 1,” lanjutnya.

Selain itu, ada tujuh hadiah yang telah disediakan panitia penyelenggara untuk 20 finalis Puteri Indonesia NTB 2020 ini. Bersamaan dengan ini, panitia juga berharap target untuk Puteri Indonesia NTB 2020 masuk ke 10 besar Nasional bisa tercapai.