Kampanyekan Keselamatan Berkendara, PT Hino MSI Gelar Safety Driving Competition di Lombok

Mataram (Inside Lombok) – PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama PT. Indomobil Cahaya Prima sebagai satu-satunya dealer resmi HMSI di NTB menggelar Hino Safety Driving Competition (HSDC) pada 1-2 April 2019. Event tersebut ditujukan untuk mengkampanyekan keselamatan berkendara bagi para pengemudi truk serta perusahaan-perusahaan yang menggunakan produk otomotif dari HMSI.

General Manager Sales Planning & Strategic Division HMSI, Wibowo Santoso, menerangkan bahwa event yang telah digelar sejak tahun 2017 tersebut telah dilaksanakan di 23 kota di seluruh Indonesia dengan 1.527 pengemudi dari 895 perusahaan yang menjadi pelanggan setia HMSI. Para pengemudi yang telah mengikuti HSDC tersebut diharapkan kedepannya dapat menjadi duta keselamatan berkendara.

“Rekan-rekan pengemudi ini (peserta lomba, Red) pengguna langsung produk kami. Disini kami ingin membuat rekan-rekan pengemudi bisa memiliki kesadaran soal keamanan berlalulintas. Kita tahu di Indonesia ini tingkat kecelakaan cukup tinggi,” ujar Wibowo, Selasa (02/04/2019) di Mataram.

HSDC pada 2019 sendiri menyasar 10 kota, antara lain Semarang, Surabaya, Jakarta, Pekanbaru, Padang, Pontianak, Medan, Mataram, Sampit, dan Aceh dengan target peserta sebanyak 912 pengemudi truk Hino seri Dutro maupun Ranger.

Di lombok sendiri untuk HSDC 2019 diikuti sekitar 100 pengemudi dari berbagai perusahaan yang menjadi pelanggan tetap truk Hino. Antara lain perusahaan kargo barang, pertambangan, dan konstruksi.

Dengan tema ‘mengemudi dengan aman, bisnispun makin nyaman,’ Wibowo menerangkan bahwa Hino mengedepankan kualitas produk yang dapat mendukung mobilisasi para pengemudi truk dengan lebih efisien, baik dari segi kualitas mesin maupun teknologi yang digunakan.

Keluar sebagai pemenang dari HSDC 2019 adalah Amrullah dari PT. Indra Agung sebagai juara pertama untuk pengemudi truk Hino seri Dutro, Prajoko Satya dari PT. Mekar Caraka Saputra untuk juara dua, dan Rusmayadi dari PT. Kunci Pelita sebagai juara ketiga.

Sedangkan untuk pengemudi truk seri Ranger dimenangkan oleh Samsul Hady dari PT. Bima Oil Internusa sebagai juara pertama, M. Mariadi dari PT. Bunga Raya Lestari sebagai juara kedua, dan Zulfikri dari CV. Anugrah sebagai juara ketiga.

Masing-masing peserta sendiri mendapatkan hadia berupa uang tunai sebesar Rp15 juta untuk juara pertama, Rp7 juta untuk juara kedua, dan Rp3 juta untuk juara ketiga. Tidak hanya itu, masing-masing perusahaan tempat para pemenang bekerja juga diberikan kupon suku cadang sebesar Rp6 juta untuk juara pertama, Rp4 juta untuk juara kedua, dan Rp2 juta untuk juara ketiga.

“Kalau bisa ini setiap tahun diadakan, ini kan baru pertama di Lombok. Keamanan berkendara kan juga sangat penting,” ujar Amrullah, Selasa (02/04/201) seusai menerima hadiah setelah dinyatakan sebagai juara pertama HSDC 2019 untuk seri Dutro.

Selama tahun 2018, HMSI sendiri meraih 69% penjualan di pasar medium duy truk yang menjadikan Hino sebagai market leader di wilayah Lombok. Hal tersebut tidak terlepas dari potensi tambang serta berkembangnya pembangunan di Nusa Tenggara Barat (NTB) sendiri.

Banyaknya proyek-proyek seperti pembangunan infrastruktur di kawasan pariwisata Mandalika diakui membuat wilayah NTB secara umum menjadi pasar yang sangat potensial dalam mendukung penjualan kendaraan komersil seperti produk-produk dari HMSI. Seluruh jajaran pimpinan HMSI sendiri berharap hal tersebut dibarengi dengan kesadaran pentingnya keselamatan berkendara oleh para pengemudi.

Pimpinan PT. Indomobil Cahaya Prima, Made Andika, juga menyampaikan harapannya agar para pemenang menjadi duta keselamatan berkendara. Hal itu disebut Andika karena Hino bukan hanya pedulu pada penjualan, namun sangat memerhatikan juga keselamatan pengguna produknya.

“Kita berharap dengan kondisi seperti ini keselamatan di jalan menjadi kerjasama dari semua pihak,” ujar Andika.

Senada dengan itu Presiden Direktur HMSI, Hiroo Kayanoki, menyampaikan harapannya agar HSDC dapat terus diadakan di kota-kota di Indonesia setiap tahunnya untuk terus mengkampanyekan keselamatan berkendara. Hal tersebut menurut Hiroo perlu terus dilakukan karena untuk menumbuhkan pola pikir mengutamakan keselamatan, kegiatan semacam HSDC perlu dan akan terus dilakukan oleh HMSI.

“Kami ingin melalui kegiatan Safety Driving Competition dapat bermanfaat tidak hanya untuk para peserta atau pengemudi melainkan bagi semua pengguna kendaraan, terutama untuk keluarga. Keluarga pengemudi yang setiap harinya ingin mereka pulang dengan selamat ke rumah,” ujar Hiroo, Selasa (02/04/2019).

HSDC sendiri dibagi menjadi dua kegiatan, yaitu test tertulis bagi seluruh peserta mengenai keselamantan berkendara seperti daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving, dan pengetahuan rambu-rambu lalu-lintas. Setelah melalui test tulis tersebut, dipilih 10 pengemudi terbaik dari truk Hino seri Dutro dan 10 pengemudi terbaik dari truk Hino seri Ranger untuk menlanjutkan tes kemampuan berkendara zig-zag, maju, mundur, dan reverse parking.

“Saya berharap para pengemudi yang keluar sebagai juara bisa membangikan ilmu yang mereka dapat dari kompetisi ini, dan semoga mereka menjadi pengemudi yang profesional. Kami akan terus melanjutkan ini (HSDC) untuk mengupayakan zero (nihil, Red) kecelakaan,” tutup Hiroo.