30.5 C
Mataram
Sabtu, 25 Mei 2024
BerandaEventLotim Jadi Lokasi NTB Idol, Pemda Siap Fasilitasi Anak Muda

Lotim Jadi Lokasi NTB Idol, Pemda Siap Fasilitasi Anak Muda

Lombok Timur (Inside Lombok) – Kabupaten Lombok Timur siap menjadi tuan rumah untuk ajang pencarian bakat NTB Idol. Kegiatan yang ditujukan sebagai wahana anak muda menyalurkan bakatnya melalui bernyanyi ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Daerah (Pemda) Lotim dengan Ichal Musical. 

NTB Idol nantinya akan diikuti oleh para peserta dari sembilan kabupaten/kota di NTB. Penjabat Bupati Lotim, M. Juaini Taofik berharap kontestasi tersebut bisa menjadi ajang penyaluran dan pencarian bakat bagi anak muda di NTB. 

Nantinya para peserta mempunyai bekal dan pengalaman untuk terus ke jenjang yang lebih tinggi seperti mengikuti audisi Liga Dangdut, Indonesia Idol, KDI, Rising Star, dan lainnya. “Kita dukung kegiatan NTB Idol ini sebagai wahana anak muda menyalurkan bakatnya. Kita sudah siapkan juga fasilitas pendukungnya bagi peserta yang sudah mendaftar,” terangnya, Kamis (18/04/2024).

Pemda Lotim pun sudah siap menyambut peserta dengan menyediakan fasilitas seperti penginapan, konsumsi, dan lainnya dengan dukungan dari Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lenek hingga Bank NTB Syariah. “Asrama yang ada di BPVP Lenek nantinya akan dijadikan asrama bagi para peserta yang masuk 40 besar NTB Idol,” katanya.

- Advertisement -

Ada 60 orang peserta yang sudah mendaftar NTB Idol. Kegiatan pre-casting akan diselenggarakan di Gedung Wanita Pancor dan diikuti 60 peserta terpilih. “Besok kegiatannya sudah mulai di BLKI pada babak 40 besar,” tuturnya.

Selain menjadi ajang pencarian bakat, NTB Idol juga diharapkan bisa menjadi ajang promosi pariwisata daerah, baik itu NTB khususnya Lotim. “Ada surprize dari kami nantinya untuk pemenang,” jelasnya.

Sementara itu, Production House Ichan Musical, Ichan menjelaskan penyelenggaraan event tersebut merupakan ajang pembuktian diri, bahwa menjadi terkenal tak harus pergi ke Ibu kota, tapi juga bisa dimulai dari kampung halaman. “Jadi event ini murni tekad kita agar pemuda NTB bisa terkenal dengan mengambil tagline Suara dari Timur,” terangnya. 

Oleh karenanya, hadirnya NTB Idol yang diinisiasi oleh Ichan Musical bersama BTLK Bali Tosha Lombok Kochi diharapkan bisa menjadi jalan para talenta di NTB untuk meniti karir, bukan hanya terkenal sampai di luar daerah namun juga hingga nasional bahkan internasional.

Selama kurun waktu empat bulanan ini persiapan sudah dimantapkan, dengan dana yang terkumpul baik dari BTLK Bali Tosha Lombok Kochi ataupun sejumlah investor saat ini berjumlah ratusan juta rupiah.

Dengan satu hadiah utama dari BLTK Bali Tosha yang akan diberikan bagi 9 orang pemenang yakni bisa berlibur ke Osaka Jepang. Tak ayal, audisi ini menjadi audisi ajang pencarian bakat terbesar yang digelar di NTB.

Pendaftaran awal pun sudah dibuka, dari gelimbang pertama saja sudah ada sebanyaj 394 orang yang mendaftar. Sedangkan pada gelombang kedua terdata sebanyak 20 orang, dengan total peserta yang ikut sebanyak 414 peserta.

“Kita saring dia menjadi 160, dan disaring lagi oleh pusat menjadi 90 dari 90 peserta kita kirimkan formulir indep dan yang layak hanya tersisa 60 orang yang masuk dan akan mengikuti NTB Idol ini,” tegasnya.

Saat ini persiapan telah dirampungkan, dengan pusat acara akan bertempat di Gedung Wanita Pancor Kecamatan Selong, Lombok Timur. Nantinya, pada 9 sampai 10 besar, audisi ini juga akan dijuri langsung oleh penyanyi papan atas nasional inisial CK dan AF. “Siapa jurinya ini masih rahasia dari pusat, cuma inisialnya CK dan AF, mereka berdua penyanyi top tanah air,” demikian Ichan. (den)

- Advertisement -

Berita Populer