MotoGP Dianggap Jadi Magnet Utama Pemulihan Pariwisata NTB

KEK Madalika (Inside Lombok/berbagai sumber)

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Event balap dunia, MotoGP dianggap menjadi magnet utama pemulihan pariwisata NTB yang masih lesu akibat pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, semua pihak sangat berharap agar MotoGP bisa benar-benar terlaksana di sirkuit Mandalika yang pembangunannya sedang dikebut siang dan malam.

“Kita sudah launching event pariwisata provinsi di tahun 2021. MotoGP masuk dan itu adalah magnet utama untuk tumbuhkan pariwisata ini”,kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Lalu Muhammad Faozal.

Dikatakannya bahwa akan ada ratusan ribu pengunjung di event MotoGP. Dan itu akan berdampak besar terhadap ekonomi daerah. Meski demikian, pencegahan Covid-19 tetap menjadi hal yang diperhatikan.

“Kita berusaha maksimal tumbuhkan sektor ini tapi kesehatan diperhatikan”,ujar Paozal.

Meski demikian, pihaknya belum menentukan target kunjungan wisatawan ke NTB pada tahun 2021. Karena event MotoGP ini pun masih dipertimbangkan apakah akan pakai penonton atau tidak.

Hal itu lantaran pemerintah masih melihat perkembangan kasus Covid-19. Kalau Covid-19 belum juga selesai sampai jadwal penyelenggaraan MotoGP, otomatis akan digelar tanpa penonton.

“Tapi sekarang ini vaksin sedang disebar. Yang diprioritaskan adalah tempat yang ada kerumunan seperti tempat pariwisata”,imbuhnya.

Untuk saat ini, lanjutnya, pihaknya masih fokus dalam pemulihan di sektor pariwisata ini. Sehingga target kunjungan pariwisata belum ditentukan.

“Kita pemulihan saja dulu. Karena pemulihan di masa pandemi ini lebih sulit dari pemulihan pasca-gempa dulu”, ujarnya.