Shalsabila Lestari Putri Suteja Terpilih sebagai Puteri Indonesia NTB 2020

Puteri Indonesia NTB 2020 Shalsabila Lestari Putri Suteja bersama Puteri Indonesia Pariwisata 2017 Karina Nadila (Foto: @officialpiteriindonesia)

Mataram (Inside Lombok) – Shalsabila Lestari Putri Suteja, finalis dari Kabupaten Lombok Timur, berhasil terpilih sebagai Puteri Indonesia NTB 2020. Sementara Runner up 1 diraih oleh Ni Kadek Selvia Sastradewi dari Kabupaten Sumbawa dan Runner up 2 yakni Dinda Putri Alfitriyani dari Kota Mataram.

Penobatan tersebut berlangsung dalam acara Grand Final Puteri Indonesia NTB 2020 yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Lombok Raya pada Jumat malam (06/12/2019). Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalillah dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H. Lalu Moh. Faozal.

Wisnu Wardana, perwakilan dari Yayasan Puteri Indonesia (YPI) sekaligus salah satu dewan juri menyampaikan bahwa kriteria penilaian utama dalam ajang ini adalah 3B (Brain, Beauty, dan Behavior). Kategori Brain dilihat dari intelektualitas finalis, kemudian kategori Beauty harus menunjukan kecantikan luar dan dalam, sedangkan Behavior dia harus bertakwa dan beretika serta peduli dengan lingkungan.

“Kami ingin puteri yang terpilih nanti adalah pilihan masyarakat NTB. Jadi kami akan membawa Puteri NTB yang terpilih ini dengan puteri dari provinsi lain. Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mendukung acara ini,” ucap Wisnu dalam sambutannya, Jumat (06/12/2019).

Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalillah juga turut memberikan sambutan awal pada acara Grand Final ini. Ia berharap Puteri Indonesia NTB 2020 kelak nanti bisa dipercaya untuk bisa memberikan kontribusi kuat kepada masyarakat dalam pembangunan daerah.

“Harapannya puteri yang terpilih memiliki seluruh kriteria 3B. Karena kalau sudah ada tiga ini komplit di satu sosok, maka kita yakin puteri yang terpilih akan memberikan kontribusi besar buat NTB dan dia benar-benar bisa mencitai NTB,” ujar Rohmi.

Sebanyak 20 peserta finalis Puteri Indonesia NTB ini disaring kembali menjadi 10 besar setelah melakukan catwalk di atas panggung dengan menggunakan kebaya rancangan dari desainer kondang Anne Avantie.

Setelah terpilih 10 besar, maka para finalis menghadapi sesi tanya jawab dengan mengambil slot pertanyaan yang telah disediakan. Kemudian pertanyaan yang telah dipilih finalis, dibacakan langsung oleh pembawa acara dan para finalis harus menjawab pertanyaan tersebut dalam waktu kurang dari 30 detik.

Begitu pula pada saat babak penyisihan 5 besar, kelima finalis melewati tahap yang sama pada saat 10 besar dan dari 5 finalis yang terpilih, tersaring 3 besar finalis Puteri Indonesia NTB 2020. Acara malam tersebut juga turut dimeriahkan oleh penampilan memukau dari Regina Ivanova, juara pertama Indonesian Idol 2012.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H. Lalu Moh. Faozal menanggapi dan berharap Puteri Indonesia NTB 2010 ini bisa menjadi warna NTB. Menurutnya Puteri yang terpilih ini harus bisa memahami NTB secara utuh baik dari budaya, alam dan pariwisatanya.

“Dari 20 finalis ini, nantinya yang terpilih kita akan dorong juga untuk jadi Putri Pariwisata NTB,” katanya.