Home Olahraga Ahmad Zigi, Atlet Asal Lobar Raih Emas di SEA Games 2019

Ahmad Zigi, Atlet Asal Lobar Raih Emas di SEA Games 2019

Mataram (Inside Lombok) – Ahmad Zigi Zaresta Yuda, atlet karate asal Lombok Barat berhasil meraih medali emas pada SEA Games 2019 yang berlangsung di World Trade Center (WTC) Pasay City, Metro Manila, Sabtu (07/12/2019).

Ia bersama Krisda Aprilia menyumbangkan dua emas untuk Indonesia dalam cabang olahraga Karate. Zigi sendiri memperoleh emas dengan meraih catatan total 25,06 poin di kategori Men’s Individual Kata.

Pelatih Tim Karate Indonesia, Abdul Kadir mengatakan bahwa sebelum pertandingan, dua atlet tersebut bisa dipastikan dapat meraih emas karena kemampuan yang dipancarkan keduanya sangat meyakinkan.

“Dua medali emas dari nomor kata itu memang sudah diprediksi. Jadi, ini merupakan langkah yang baik dan menambah motivasi karatekan lainnya untuk bisa meraih prestasi yang sama,” kata Abdul Kadir, dikutip dari Suara Merdeka.

Keunggulan yang Zigi tampilkan pada saat pertandingan berlangsung, ia menggunakan jurus Gankaku dengan sempurna sehingga mendapatkan poin tertinggi.

Sementara atlet karate dari Filipina, Vasquez John Enrico meraih medali perak dengan skor catatan 24,06 poin. Sedangkan atlet karate dari Thailand, Sukyik Pikanet memperoleh catatan 23,06 poin.

Sebelumnya, Zigi telah menjuarai sejumlah pertandingan dan menyumbangkan beberapa medali. Pada SEA Games 2017 yang diselenggarakan di Malaysia, ia berhasil membawa pulang medali perak.

Kemudian pada Asian Games 2018 lalu, Zigi juga meraih medali perunggu dalam cabor karate. Prestasi yang diraih Zigi saat SEA Games kali ini menunjukkan performanya selama pertandingan mengalami peningkatan yang baik.

Saat ini Indonesia menduduki peringkat kedua di SEA Games 2019 dengan jumlah medali emas sebanyak 51, perak 51 dan perunggu 63. Menurut Abdul sendiri, peluang Indonesia untuk mendapatkan medali emas kembali untuk cabang olahraga karate.