Usung Wisata Halal, Pemilihan Puteri Mandalika Lebih Syar’i

Mataram (Inside Lombok) – Pemilihan Puteri Mandalika merupakan salah satu dari 14 rangkaian acara Festival Pesona Bau Nyale yang diadakan Dinas Pariwisata (Dispar) Nusa Tenggara Barat (NTB). Mengingat NTB yang mengusung wisata halal sebagai konsep pariwisatanya, pemilihan Puteri Mandalika tersebut akan digelar mengikuti konsep wisata halal.

“Kita ada Mandalika Berzikir, dan ada Pak Samuel Wattimena yang akan menjadi pembicara terkait dengan desain. Ada pameran prodak beliau juga dengan konsep Muslim Kontemporer. Karena wisata halal itu. Jadi pemilihan puteri ini juga nanti ter-branding dengan halal destinasi kita,” ujar Kepala Dispar NTB, Lalu Moh. Faozal, dalam konferensi pers di Kantor Dinas Pariwisata NTB, Senin (11/02/2019).

Faozal menyebutkan konsep pemilihan putri mandalika tersebut sebagai pembeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sekaligus pembeda dengan pemilihan puteri lainnya yang ada di Indonesia. Selain itu, Pemilihan Puteri Mandalika tahun ini menjadi satu-satunya pemilihan puteri yang dilaksanakan sepenuhnya langsung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB.

“Pemilihan ini merupakan kerjasama Pemprov dengan 10 pemerintah Kabupaten/Kota yang ada di NTB. Sekarang sudah ada 15 finalis yang sedang proses menuju karantina, dan nanti akan menjadi wakil NTB untuk pemilihan puteri-puteri selanjutnya,” ujar Faozal.

Selain Pemilhan Puteri Mandalika, ada 14 rangkaian acara lainnya yang menyertai Festival Pesona Bau Nyale yang akan diadakan mulai tanggal 17 -25 Februari 2019. Diantaranya adalah Surfing Contest yang akan digelar pada 19 Februari 2019 di Pantai Gerupuk, Lombok Tengah. Foto Kontes untuk fotografer di NTB, sekaligus meliput seluruh rangkaian kegiatan dalam even tersebut.

Kegiatan Kerohanian bertajuk Mandalika Berzikir juga akan diadakan sebagai rangkaian acara festival. Yusuf Mansur akan menjadi penceramah untuk zikir dan tausiah yang akan digelar di Masjid Nurul Bilad, Kuta.

Untuk memaksimalkan Festival Pesona Bau Nyale tahun ini, Dispar NTB bekerjasama dengan ITDC sebagai pengelolal Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tengah membenahi tempat-tempat yang akan dijadikan lokasi acara. Pembenahan tersebut antara lain pengerjaan jembatan yang akan menjadi akses dari Hotel Novotel menuju Pantai Seger, serta jalan-jalan yang akan digunakan oleh pengunjung juga, termasuk ruang parkir yang ada di kawasan Pantai Seger.