Dinas Kesehatan Mataram Pastikan 11 Puskesmas Siaga 24 Jam Selama Libur Maulid

Arsip Foto. Suasana puskesmas di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. (Inside Lombok/ANTARA/Nirkomala)

Mataram (Inside Lombok) – Dinas Kesehatan Kota Mataram di Provinsi Nusa Tenggara Barat memastikan 11 puskesmas selama 24 jam siaga melayani warga selama libur dan cuti bersama perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriah.

“Saat ini semua puskesmas yang ada di Mataram sudah memiliki fasilitas instalasi gawat darurat (IGD) yang siap memberikan pelayanan kedaruratan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr H Usman Hadi di Mataram, Rabu.

Ia mengatakan bahwa selain memberikan pelayanan sesuai jam kerja, selama libur panjang ada petugas kesehatan yang disiagakan 24 jam untuk melayani masyarakat.

“Jika pasien membutuhkan tindakan lebih lanjut akan dilakukan rujukan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mataram,” katanya.

Dinas Kesehatan, ia menjelaskan, sudah menyampaikan surat edaran ke semua puskesmas supaya tetap membuka pelayanan selama libur dan cuti bersama sehubungan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Melalui surat edaran tersebut, Dinas Kesehatan meminta pemimpin puskesmas mengatur jadwal piket petugas pelayanan IGD dan kebidanan agar bisa memberikan pelayanan kepada warga selama libur panjang.

“Puskesmas sebagai pusat pelayanan terdekat masyarakat harus tetap memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” kata Usman. (Ant)