Ini Manfaat Bawang Putih Tunggal yang Harus Semeton Ketahui

Bawang putih tunggal (pixabay.com)

Mataram (Inside Lombok) – Bawang putih tunggal merupakan bawang putih yang hanya berisi satu, tidak punya pendamping atau teman dalam satu wadah kulitnya. Seperti bawang putih pada umumnya, bawang putih tunggal mengandung minyak senyawa allicin yang bisa mengatasi berbagai penyakit dan masalah kulit. Yuk simak beberapa manfaat dari bawang putih tunggal berikut ini.

1. Obat Penurun Kolesterol
Banyak penelitian sudah membuktikan kalau bawang putih tunggal bisa menurunkan kadar kolesterol. Dilansir dari Detik, lebih dari 12 penelitian menunjukkan bahwa bawang putih tunggal bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol hingga 12% setelah mengonsumsinya selama 4 minggu

2. Meningkatkan Daya Ingat
Kandungan antioksidan yang terdapat pada bawang putih tunggal dapat mencegah penurunan daya ingat. Ekstrak bawang putih tunggal juga bisa merangsang pertumbuhan sel neuron yang baru.

3. Mencegah Masuk Angin dan Batuk
kandungan vitamin C, selenium hingga sulfur pada bawang putih tunggal bisa memperbaiki sistem imun sehingga mencegah terjadinya flu. Caranya adalah coba gerus 2 siung bawang, setelah itu seduh dengan air hangat dan minum.

4. Mencegah Penyakit Kanker
Kandungan organosulfida dalam bawang putih tunggal dapat membantu kinerja hati untuk mengeluarkan berbagai macam racun dalam tubuh, termasuk racun yang menyebabkan kanker perut dan kanker usus besar.

5. Menghilangkan Jerawat
Sifat antimikroba dan antibakteri dari bawang putih membuatnya ampuh untuk mengatasi jerawat. Cukup iris bawang putih, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Pastikan pisau yang digunakan sudah dibersihkan terlebih dahulu.