Vaksinasi Massal, 35 Gerai Disiapkan di Lotim

Gerai vaksinasi massal kepada masyarakat, Kamis (09/09/2021). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Dalam mengejar target Vaksinasi di Kabupaten Lombok Timur (Lotim), TNI-Polri bersama dengan Pemda Lotim melakukan vaksinasi massal gratis di beberapa titik lokasi di Lombok Timur.

Kapolres Lotim, AKBP Herman mengatakan, tim vaksinasi massal telah menyiapkan 8.726 dosis vaksin sinovac selama pelaksanaan.

“Namun pada pelaksanaan gerai vaksin pada hari pertama ini di Rumah Sakit Namira, kita sudah siapkan 1.200 dosis vaksin,” ujarnya saat ditemui awak media di Rumah Sakit Namira, Kamis (09/09/2021).

Rencananya dengan gerai vaksinasi massal ini dalam beberapa bulan ke depan, dapat memenuhi target capaian Lotim dalam herd immunity. Terdapat 35 titik gerai vaksinasi yang nantinya akan disiapkan untuk pelaksanaan vaksinasi gratis bagi masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Lotim, M Juaini Taofik mengatakan, progres capaian vaksinasi di Lotim untuk dosis pertama sudah mencapai 132.050 dosis atau sekitar 13,86 persen. Sedangkan untuk jumlah capaian vaksinasi dosis kedua yakni sebanyak 61.672 dosis atau sekitar 6,47 persen.

“Total untuk target vaksinasi kita untuk dosis pertama dan kedua yakni sebanyak 1.713.000 dosis vaksin,” kata Juaini.

Dalam percepatan pencapaian target vaksinasi dalam kurun waktu tiga bulan ke depan, Juaini mengatakan bahwa nantinya tidak ada lagi vaksinasi TNI-Polri, Parpol, maupun Pemda Lotim. Namun nantinya semua vaksinasi akan dilakukan berbasis wilayah.

“Walaupun begitu, TNI-Polri akan tetap mendukung percepatan capaian vaksinasi,” ucapnya.

Sementara untuk pelaksanaan gerai vaksin massal berbasis wilayah tersebut, sebanyak 74 Tim Vaksinasi telah disiapkan. Hal itu untuk terus menekan angka capaian vaksinasi di Lotim.

“Nantinya tidak ada hari tanpa vaksin di Lotim,” cetusnya.