Vaksinasi Nakes di Lobar Ditarget Selesai 30 Januari

Lombok Barat (Inside Lombok) – Vaksinasi Nakes di Lombok Barat ditargetkan dapat selesai pada 30 Januari mendatang. Sebelumnya vaksinasi di beberapa Puskesmas sempat terkendala sistem dan aplikasi. Hingga hari ini, tercatat 438 Nakes yang sudah divaksin.

“Sampai hari ini jumlah Nakes yang sudah divaksin ada 438 orang, ditambah enam orang dari Fokropimda waktu launching kemarin” beber Kabid P3KL Dikes Lobar, dr. M. Taufik Fathoni, Rabu (20/01/2021).

Namun, terkait data pasti Nakes yang akan divaksin secara keseluruhan masih sedang diverifikasi. Di mana dari jumlah awal yang 2.040 tersebut, hingga hari ini yang sudah terupdate sebanyak 2000 lebih data Nakes yang sudah disesuaikan dengan kriteria yang boleh divaksin dengan sinovac.

“Ini lagi kami tunggu update ke-dua minggu ini” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Dikes Lobar, Arief Suryawirawan menyebut pihaknya akan turun untuk memantau jalannya vaksinasi di seluruh Puskesmas, termasuk mengidentifikasi apa yang menjadi kendala. Dengan harapan, vaksinasi Nakes di Lobar dapat selesai sesuai target dari kementerian.

“Kami akan turun ke seluruh Puskesmas untuk memastikan vaksinasi ini berjalan lancar. Karena dari arahan pak menteri, supaya 30 Januari ini semua Nakes harus sudah tervaksinasi” paparnya.

“Kemarin yang jadi kendala ada pada bagian pendaftarannya dan aplikasi yang ada digunakan dari BPJS” ungkapnya.

Persoalan tersebut sempat terjadi di salah satu Puskesmas. Di mana data Nakes yang akan divaksin, tutur Arief, justru menumpuk di sana dengan jumlah sekitar 1000 an. Sehingga hal tersebut yang saat ini sedang coba untuk di analisis.

“Tapi tadi ada edaran dari Kemenkes, kalau Nakes itu boleh divaksin di tempat kerjanya (Puskesmas atau Rumah Sakit). Jadi itu bisa lebih memudahkan dan mempercepat pencapaian target” pungkasnya.