26.5 C
Mataram
Selasa, 28 Mei 2024
BerandaLombok TengahPemda Loteng akan Gelar Aksi Bela Palestina di Alun-Alun Tastura

Pemda Loteng akan Gelar Aksi Bela Palestina di Alun-Alun Tastura

Lombok Tengah (InsIde Lombok) – Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Tengah (Loteng) akan menggelar aksi bela Palestina di Alun-Alun Tastura, Praya pada Minggu (19/11/2023) mendatang. Aksi tersebut juga sebagai bentuk kepedulian kemanusiaan sekaligus mengajak masyarakat untuk mengumpulkan donasi untuk warga Palestina.

Bupati Loteng, Lalu Pathul Bahri mengatakan berdasar catatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) lebih dari 11 ribu warga Palestina di jalur Gaza tewas, yang terdiri dari anak-anak sampai perempun karena serangan militer Israel. Kemudian 1,1 juta warga harus mengungsi, dan 2,2 juta warga terancam kelaparan.

“Apa yang kita lakukan ini semata-mata mengedepankan asas kebersamaan dan kekeluargaan. Bentuk sosial kemanusiaan terhadap saudara-saudara di Palestina,” ujarnya, Jumat (17/11/2023).

Untuk itu, pihaknya mengajak semua elemen masyarakat untuk melakukan zikir dan doa bersama juga mengajak seluruh ASN yang memiliki jiwa kemanusiaan. “Kita ajak semua ASN di Loteng, Perangkat Desa, Pengurus BKD, dan seluruh marbot masjid,” imbuh Pathul.

- Advertisement -

Selain itu, Pathul menegaskan bahwa dalam acara tersebut juga akan akan dirangkaikan dengan deklarasi dan dukungan kepada warga Palestina dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). “Nanti ada dari rekan-rekan dari agama lain, itu murni kita berbicara tentang agama tapi ini mengenai kemanusiaan,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Loteng, AKBP Iwan Hidayat mengatakan, dalam sisi pengamanan aksi pihaknya akan mengerahkan setidaknya 500 orang personel untuk mengamankan aksi tersebut serta rekayasa lalu lintas.

“Kami siap mendukung, semoga Loteng diberkahi dengan kegiatan positif seperti ini,” katanya. Selain itu pihaknya, juga meminta untuk terus menjaga kamtibmas, terlebih menjelang tahun politik yakin pemilu tahun 2024. “Kami mengimbau juga untuk terus menjaga kondusifitas daerah kita terlebih menjelang pemilu tahun 2024,” tandasnya. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer