26.5 C
Mataram
Minggu, 14 April 2024
BerandaLombok TengahRSUD Praya Berikan Literasi Kesehatan Bagi Pengunjung

RSUD Praya Berikan Literasi Kesehatan Bagi Pengunjung

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD ) Praya, Lombok Tengah (Loteng) terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pola hidup sehat. Hal itu dilakukan dengan menyasar pasien, keluarga, dan pengunjung rumah sakit sehingga semakin memperoleh literasi kesehatan yang lebih jauh dan mendalam.

“Masyarakat mampu memahami tentang penyakit, cara mencegah, cara mengobati, sampai kiat-kiat menyembuhkan dan bagaimana menjaga pola-pola hidup sehat dan bersih dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Direktur RSUD Praya dr. Mamang Baghiansyah saat dikonfirmasi.

dijelaskan, PKRS merupakan Program edukasi dan promosi terkait isu kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat yang diselenggarakan secara rutin dua kali sepekan.

“Sasarannya adalah, pasien, keluarga pasien, pengunjung RS, dan masyarakat sekitar RSUD. Ini adalah salah satu program dari salah satu Unit kerja di RSUD Praya yaitu Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS),” katanya.

- Advertisement -

Dikatakan, sejak berdiri tahun 2008 lalu, PKRS terus berkreasi dan berinovasi. Meski tenaga fungsional khusus promkes RSUD Praya terbatas karena harus benar-benar terlatih melalui diklat untuk bisa diakui.

Akan tetapi pihaknya dikondisikan dengan merekrut atau mengadvokasi tenaga profesi yang ada di RSUD Praya dengan menjadwalkan sebanyak 50 unit dalam setahun. “Ini terdiri dari Profesional Pemberi Asuhan (PPA) meliputi Dokter, perawat, bidan, apoteker, dan fisioterapi,” tandasnya. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer