26.5 C
Mataram
Sabtu, 13 April 2024
BerandaLombok TimurJelang Mudik, ASDP Kayangan Siapkan 27 Kapal

Jelang Mudik, ASDP Kayangan Siapkan 27 Kapal

Lombok Timur (Inside Lombok) – Guna mengantisipasi lonjakan penumpang saat momen mudik dan balik lebaran, pihak ASDP Kayangan, Lombok Timur (Lotim) telah menyiapkan sebanyak 27 armada kapal ferry untuk melayani penyeberangan.

General Manager (GM) ASDP Kayangan, Heru Wahyono mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat khususnya para pemudik melalui jalur laut, di mana pada Pelabuhan Kayangan telah menyiapkan 27 armada. “Per harinya kita atur 10 kapal yang beroperasi setiap harinya,” ucapnya, Selasa (02/03/2024).

Jumlah 10 kapal yang beroperasi dalam melayani penumpang bisa saja bertambah apabila terjadi kepadatan penumpang di Pelabuhan Kayangan. Penambahan kapal yang beroperasi sendiri nantinya akan ditambah setelah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan BPBD.

“Nantinya jika terjadi kepadatan pastinya kami akan selalu berkoordinasi dengan BPBP dan Dishub apakah kira-kira diperlukan penambahan kapal atau percepatan dan penambahan brief,” ungkapnya.

- Advertisement -

Sejumlah 10 kapal saat ini telah mulai dioperasikan, khususnya jadwal penyebrangan reguler telah mulai diberlakukan. Penambahan jumlah armada yang beroperasi tersebut tentunya untuk menunjang kenyamanan dan kelancaran masyarakat dalam mudik dan balik lebaran.

Selain itu, dikatakan GM bahwa kepadatan penumpang pada momen mudik lebaran diperkirakan terjadi pada H-5 sampai H-3 lebaran. Namun lonjakan penumpang tak selalu berpatokan pada perkiraan yang telah ada, melainkan selalu diantisipasi setiap harinya. “Kita selalu antisipasi lonjakan kepadatan pemudik setiap harinya,” tuturnya.

Tak hanya armada saja, melainkan juga fasilitas lainnya juga ikut ditambah seperti pintu masuk kendaraan. Di sana sepeda motor yang semula disiapkan hanya satu jalur saja, kini telah ditambah menjadi 3 pintu masuk. “Itu kita lakukan dalam rangka penyerapan sepeda motor masuk ke pelabuhan agar tidak terjadi antrean panjang,” pungkasnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer