26.5 C
Mataram
Minggu, 26 Mei 2024
BerandaBerita UtamaPemda Lobar akan Biayai Pengobatan Korban dan Ganti Kerusakan Akibat Keributan di...

Pemda Lobar akan Biayai Pengobatan Korban dan Ganti Kerusakan Akibat Keributan di Meninting

Lombok Barat (Inside Lombok) – Sebagai bentuk kepedulian dan upaya dalam menjaga kondusifitas pasca keributan di Dusun Montong Buwuh, Meninting. Pemda Lobar biayai pengobatan korban dan akan mengganti gerobak pedagang yang rusak.

“Sudah kita sampaikan bahwa biaya untuk pengobatan korban kita gratiskan (ditanggung Pemda Lobar),” ujar Penjabat Sekda Lobar, Fauzan Husniadi, Rabu (15/05/2024). Dia juga menyebut pihak pemda telah meminta Pemdes Meninting untuk mendata lapak dan toko masyarakat yang rusak akibat keributan tersebut. “Sudah saya minta ke pak Kades, inventarisir lapak yang rusak. Kami dari Pemda akan ganti kembali,” ungkapnya.

Fauzan pun berharap data lapak rusak itu bisa segera diterima pihaknya. Karena ini berkaitan dengan usaha yang menjadi mata pencaharian masyarakat. “Karena ini daerah wisata, banyak orang yang mencari nafkah di sini. Kita pulihkan segera untuk itu,” tegasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kades Meninting Mahnan Hariyanto pun mengakui bahwa hingga saat ini, Pemda telah membiayai pengobatan para korban yang saat ini masih dirawat di rumah sakit. “Kemarin ada tagihan dari rumah sakit hampir Rp25 juta, itu sudah langsung saya sampaikan. Hanya jarak setengah jam selesai (dibayar, Red),” tuturnya.

- Advertisement -

Pihaknya pun mengapresiasi kepedulian Pemda Lobar kepada masyarakat yang menjadi korban. Serta perhatian yaang diberikan sebagai upaya untuk dapat menjaga kondusifitas daerah. “Termasuk sekarang luar biasa, perintah dari Pj Bupati kita untuk mendata kerugian masyarakat,” imbuhnya.

Dari data yang telah dihimpun pihaknya, kerusakan yang diakibatkan oleh keributan itu mencapai 7 unit terdiri dari apotek, toko sembako dan gerobak PKL yang berjualan di ruas jalan tersebut. Kendati ada korban yang merupakan orang luar Lobar yang mengalami luka dan gerobaknya rusak. “Insyaallah sudah ada niat baik Pemda Lobar untuk mengganti,” pungkasnya.

Mahnan pun menuturkan bahwa dari hasil kunjungannya bersama APDESI (asosiasi pemerintah desa seluruh Indonesia), diakuinya saat ini kondisi para korban yang masih di rumah sakit sudah mulai membaik. “Alhamdulillah sudah mulai membaik, sudah dipindahkan dari ICU,” tutupnya. (yud)

- Advertisement -

Berita Populer