27.5 C
Mataram
Senin, 24 Juni 2024
BerandaLombok TimurLotim akan Bangun RPH Berstandar dengan Anggaran Besar

Lotim akan Bangun RPH Berstandar dengan Anggaran Besar

Lombok Timur (Inside Lombok) – Kabupaten Lombok Timur (Lotim) sebentar lagi akan memiliki Rumah Potong Hewan (RPH) yang berstandar dengan peralatan yang lengkap dengan merenovasi RPH yang ada di wilayah Aikmel. Total anggaran untuk renovasi itu diperkirakan mencapai Rp2 miliar.

Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lotim, Hultatang mengatakan dari total anggaran itu biaya renovasi RPH yang berstandar lengkap sekitar Rp1,5 miliar, ditambah dengan peralatan Rp500 juta.

“Kita dapat bantuan dari pusat untuk membangun RPH berstandar dengan peralatan lengkap senilai Rp2 miliar di RPH Aikmel,” katanya, Selasa (21/05/2024). Untuk RPH yang ada di Lotim sendiri saat ini belum memenuhi standar dan peralatan lengkap.

Sebagai informasi, ada lima RPH di Lotim. Antara lain yang berada di Aikmel, Masbagik, Selong, Kotaraja, dan Aikmel. “Kita ada punya sedikit RPH di Lotim, kalau Tempat Pemotongan Hewan (TPH) ada sekitar 30,” tuturnya.

- Advertisement -

Ke depannya, pihak Disnakeswan Lotim akan terus mengusulkan ke pusat untuk dilakukan renovasi dan pembangunan RPH yang berstandar dan tinggi sanitasinya serta memiliki sertifikasi halal dan NKV. “Kita harapkan ada support dari pusat terkait dengan RPH terkait pemotongan hewan dan ketersediaan daging bagi masyarakat,” pungkasnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer