31.5 C
Mataram
Sabtu, 2 Maret 2024
BerandaLombok TimurRinjani 100 Ultra Kembali Digelar, Pemda Lotim Beri Dukungan Penuh

Rinjani 100 Ultra Kembali Digelar, Pemda Lotim Beri Dukungan Penuh

Lombok Timur (Inside Lombok) – Kegiatan Rinjani 100 Ultra siap digelar 26-28 Mei 2023. Sekitar 593 peserta dari 34 negara termasuk Indonesia akan berlari melintasi alam di Gunung Rinjani. Pada event ini tersedia lima kategori yaitu 162 kilometer (km), 119 km, 75 km, 36 km, dan 27 km dengan posisi start dari Pantai Pekendangan Belanting dan finish di Sembalun.

Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy mendukung penuh event yang dinilai dapat membawa nama baik Lombok Timur dan NTB secara umum itu. Pihaknya pun menyatakan akan mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan tersebut dengan memberikan fasilitas seoptimal mungkin. Mulai dari fasilitas kesehatan, hiburan, hingga pendukung lainnya.

“Pemda Lotim siap memberikan bantuan sesuai kemampuan seperti sarana dan prasarana kebersihan, perlengkapan snack, pengadaan toilet portable serta kesehatan, keselamatan, dan keamanan termasuk memeriahkan acara pelepasan dengan acara seni budaya,” katanya saat memimpin rapat persiapan Rinjani 100 Ultra yang berlangsung di Rupatama I Kantor Bupati, Rabu (25/05).

Selain itu, lomba akan dimulai pada 26 Mei dengan waktu start pukul 15.00 Wita di Pantai Pekendangan Belanting untuk para pelari kategori 162 km, menyusul di hari berikutnya, pelari kategori 117 km start pukul 01.00 Wita dan pelari kategori 75 akan start pukul 16.00 km. Selanjutnya pada 28 Mei, pelari kategori 36 akan berlari di Sembalun mulai pukul 00.01 Wita, sedangkan pelari kategori 27 km akan berlari mulai pukul 06.00 Wita.

- Advertisement -

Sukiman menyampaikan bahwa akan memastikan kesiapan pemerintah daerah, antara lain dengan meminta jajaran OPD yang ikut terlibat guna mengerahkan bantuan yang maksimal. Termasuk tenaga pendukung kesehatan, keamanan dan penyelamatan harus dilakukan oleh orang yang profesional, berkompeten dan paham dengan medan yang ada di area perlombaan.

“Mengingat medan yang dilalui para peserta cukup bervariasi, dari savana, area berpasir Gunung Rinjani, hutan, kebun, jalur perbukitan, serta harus menghadapi terik panas di pagi hari dan dinginnya malam hari. Untuk itu semua pihak diharapkan dapat membantu secara maksimal agar kegiatan tersebut berjalan dengan baik,” pungkasnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer