27.5 C
Mataram
Selasa, 27 Februari 2024
BerandaMataramMaksimalkan Pengamanan, Surat Suara Sudah di KPU Mataram

Maksimalkan Pengamanan, Surat Suara Sudah di KPU Mataram

Mataram (Inside Lombok) – Surat suara pemilihan umum (pemilu) 2024 sudah diterima KPU Kota Mataram, Senin (27/11) malam kemarin. Jumlah surat suara yang sudah ada di KPU Kota Mataram sebanyak 652 ribu lembar lebih.

Ketua KPU Kota Mataram, M. Husni Abidin mengatakan surat suara yang sudah ada di gudang KPU Kota Mataram terdiri dari DPRD Provinsi dapil NTB 1 Kota Mataram sebanyak 323.459 lembar atau 645 box. Selain itu, DPRD kabupaten dan Kota Mataram dapil 1 hingga 6 sebanyak 323.459 ribu lembar.

“Ada tambahan 6.000 lembar surat suara untuk pemungutan suara ulang (PSU) untuk DPRD Kota Mataram. Ada lagi tambahan untuk PSU DPRD Provinsi tetapi itu diserahkan ke KPU Provinsi NTB,” katanya.

Sementara untuk surat suara DPR RI, DPD dan pemilihan presiden diakui belum dikirim karena masih proses pencetakan. “Masih menunggu percetakan. Nanti tunggu selesai dicetak di luar daerah,” katanya.

- Advertisement -

Untuk penyimpanan surat suara ini Husni mengatakan ada di dua gudang milik KPU Kota Mataram. Gudang yang digunakan untuk penyimpanan surat suara yaitu ada di KPU Kota Mataram dan kelengkapan TPS disimpan di gudang yang ada di Selagalas.

“Itu untuk antisipasi segala kemungkinan karena surat suara itu sangat urgen untuk kita jaga dan kita rawat sebagaimana mestinya,” tegas Husni.

Pengamanan surat suara di kantor KPU Kota Mataram sudah dilakukan secara berlapis. Artinya, pengamanan yang dilakukan mulai dari internal KPU dan keterlibatan semua pihak. “Surat suara kita sangat sensitif dan kita amankan dengan maksimal,” katanya.

Penyortiran surat suara akan dilakukan setelah semua terkumpul baik untuk pemilihan DPR, DPRD NTB, DPRD Kota Mataram, DPD dan Pilpres. Setelah penyortiran KPU Kota Mataram akan langsung melakukan pengepakan. “Sortir kita akan lakukan setelah semua terpenuhi kebutuhan tinggal pemilihan yang tiga itu,” tutupnya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer