27.5 C
Mataram
Senin, 24 Juni 2024
BerandaPariwisataJalur Pendakian Aik Berik dan Tetebatu Dibuka Kembali

Jalur Pendakian Aik Berik dan Tetebatu Dibuka Kembali

Mataram (Inside Lombok) – Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) resmi membuka kembali pendakian Gunung Rinjani via Aik Berik dan Tetebatu. Sebelumnya, kedua jalur pendakian itu sempat ditutup sementara lantaran terjadi kebakaran hutan.

Jalur pendakian Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah dan jalur pendakian Tetebatu, Kecamatan Sikur, Lombok Timur dibuka mulai hari ini, Senin (14/8).

“Memperhatikan siaran pers Kepala Balai TN Gunung Rinjani Nomor PG.1171/T.39/TU/HMS/8/2023 tanggal 9 Agustus 2023 tentang Kebakaran Hutan di Kawasan TNGR serta pandangan visual pada jalur wisata pendakian Aik Berik dan Tetebatu, maka diberitahukan kepada masyarakat bahwa Balai TN Gunung Rinjani membuka kembali kunjungan wisata alam mulai tanggal 14 Agustus 2023,” ujar Kepala Sub Bagian Tata Usaha BTNGR, Teguh Rianto dikutip dari keterangan resminya.

Selain itu, pihak BTNGR juga mengimbau agar para pendaki atau siapapun yang mengunjungi wilayah TNGR agar lebih bijak dalam menggunakan api untuk mencegah kemungkinan potensi terjadinya musibah kebakaran hutan dan lahan. Terlebih memasuki musim angin dan kemarau tahun ini.

- Advertisement -

Sebelumnya, kebakaran yang terjadi di TNGR sejak Jumat (4/8) baru bisa padam beberapa hari setelahnya. Akibatnya 205 hektare lahan di wilayah Gunung Rinjani terbakar. Beberapa jenis vegetasi yang terbakar akibat peristiwa itu antara lain rumput ilalang, perdu, dan pepohonan yang didominasi cemara. (r)

- Advertisement -

Berita Populer