Longsor di Sembalun, Akses Jalan Terputus

390
Seorang pejalan kaki melintasi jalan yang rusak akibat longsor di Sembalun, Jumat (18/01/2019). (Inside Lombok/Istimewa)

Lombok Utara (Inside Lombok) – Kejadian longsor terjadi pada Jumat siang (18/01/2019) di Jalur Pusuk, Sembalun, Lombok Utara sekitar pukul 13.00 WITA. Longsor ini dikarenakan hujan deras yang kerap mengguyur daerah tersebut sejak hari Kamis kemarin (17/01/2019).

“Longsor disebabkan karena hujan turun di Sembalun selama dua hari berturut-turut dari Kamis hingga Jumat sore ini,” ujar Ria Nurmayanti, salah satu warga setempat, Jumat (18/01/2019).

WhatsApp Image 2019 01 18 at 18.53.28

Tidak ada korban jiwa dan pemukiman yang rusak atas peristiwa ini. Namun longsor yang dipicu oleh intensitas hujan tinggi tersebut mengakibatkan akses jalan tertutupi oleh batuan berukuran besar sehingga menyebabkan jalur tersebut tidak bisa dilewati untuk sementara.

“Lokasi tersebut merupakan lerengan bukit yang di bawahnya adalah aliran anak sungai. Hingga sore ini lokasi masih dipadati batu-batu yang terbawa longsor dan untuk akses jalan masih belum bisa dilalui,” imbuh Ria.

Ia juga menambahkan bahwa kejadian longsor ini mengakibatkan beberapa kendaraan terjebak karena akses jalan tertutup oleh longsor.

WhatsApp Image 2019 01 18 at 18.53.27

“Ada satu mobil ambulan Puskesmas Sembalun rujukan pasien, sebelum longsor jalan bisa dilalui. Tetapi rujukan pasien dibatalkan sehingga ambulan diinfokan untuk balik ke Puskesmas Sembalun. Namun setelah balik, jalan tersebut sedang berlangsung longsor,” jelasnya.

Berdasarkan laporan dari Ria, sore ini Tim SAR sudah datang ke lokasi kejadian dan sudah mulai membersihkan Jalur Pusuk tersebut agar arus lalu lintas dapat beroperasi kembali.