Suhu Tubuh Pemilih di Atas 37°C Disiapkan Bilik Suara Khusus

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Pandemi Covid-19 diharapkan tidak menjadi hambatan bagi warga Lombok Tengah untuk menyalurkan hak pilihnya pada tanggal 9 Desember nanti.

Sejumlah sarana prasarana pencegahan Covid-19 akan disiapkan di tempat pemungutan suara (TPS). Selain itu, bagi pemilih dengan suhu tubuh di atas 37 derajat celcius disiapkan bilik suara khusus.

“Di TPS itu kita buat bilik khusus ketika ada pemilih yang datang ke TPS dengan suhu tubuh di atas 37 derajat”,kata Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Praya, Khairul Hafizi, Rabu (2/12/2020) di Praya.

Penyiapan bilik suara khusus tersebut sesuai dengan penerapan protokol kesehatan. Terkait hal itu, kelompok penyelenggaraan pemungutan suara (KPPS) sudah diberi bimbingan teknis mengenai tata cara Pilkada tahun ini.

“Karena proses Pilkada saat ini berbeda dengan Pilkada sebelumnya yang dilakukan di masa pandemi Covid-19”, ujarnya.

Bimbingan teknis tersebut, lanjutnya berlangsung selama empat hari dengan jumlah peserta sebanyak 936 orang. Mereka diutus dari 234 tempat pemungutan suara yang tersebar di 15 desa kelurahan.

“Harapan kami petugas harus tetap profesional dalam menjalankan tugas tetap menjaga integritas, selalu mematuhi protokol kesehatan”,katanya.

Sementara itu, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada di kecamatan Praya sebanyak 82.325 orang. Di mana, 151 di antaranya adalah warga rumah tahanan (rutan) Praya.

“Ini 145 orang laki-laki dan 6 orang. TPS lapas berada di TPS 10”,katanya.