Berikut Hal-hal yang Harus Diperhatikan pada Pendaftaran CPNS 2019

Ilustrasi Sejumlah peserta CPNS Kota Mataram tengah mengerjakan SKD. (Inside Lombok/Dok.)

Mataram (Inside Lombok) – Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam Pendaftaran Seleksi Calan Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 mendatang. Lantaran proses mendaftar hingga seleksinya cukup panjang karena harus melewati sejumlah tahapan.

Kemenpan RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) menetapkan pelaksanaan pendaftaran CPNS 2019 dapat dilakukan melalui link sscn.bkn.go.id pada akhir bulan Oktober hingga awal November 2019. Informasi mengenai seleksi CPNS juga tersedia dalam link tersebut dan instansi pusat maupun daerah yang membuka lowongan.

Tahap awal dari seleksi CPNS 2019 ini adalah tahap administrasi. Persyaratan lebih mengacu pada pendaftaran CPNS tahun 2018 lalu seperti jenis dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan.

Berkas yang harus dipersiapkan yakni antara lain Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), ijazah terakhir, transkrip nilai, Pas foto dan sejumlah dokumen sesuai dengan instansi yang dituju.

Langkah awal yang harus dilakukan sebelum mendaftar melalui link sscn.bkn.go.id adalah membuat akun di menu SSCN pada portal SSCASN, lalu pilih registrasi dan isi data yang tersedia dalam kolom tersebut.

Alamat email yang digunakan harus aktif dan mengunggah pas foto berukuran maksimal 200 kb minimal 120 kb dengan format .JPG atau. JPEG. Pelamar harus mencetak kartu informasi akun setelah berhasil terdaftar dalam situs resmi.

Kemudian pelamar bisa lakukan login dalam situs SSCN dengan NIK dan password yang sudah terdaftar. Lengkapi persyaratan dan biodata serta memilih instansi dan formasi yang dipilih untuk mengikuti tes seleksi CPNS 2019.

Hal yang harus diperhatikan bagi pelamar saat mengisi NIK, Nomor KK, dan lainnya harus tepat dan lakukan pengecekan kembali. Karena salah menginput satu nomor saja bisa dipastikan gugur pada tahap administrasi ini.

Begitu pula dengan data diri harus sesuai dengan akta, ijazah, dan transkrip nilai. Pastikan formasi yang dipilih sesuai dengan jurusan pelamar.

Setelah melengkapi persyaratan dokumen dan mengecek hasil data yang telah diisi, pelamar bisa mencetak kartu pendaftaran. Dokumen yang sudah diinput melalu link pendaftaran, akan diverifikasi oleh Tim Verifikator untuk validasi data.

Pelamar yang lolos seleksi administrasi akan memperoleh Kartu Ujian yang akan digunakan pada saat tahap tes selanjutnya. Informasi status kelulusan akan diumumkan oleh Panitia Seleksi CPNS instansi.