Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berkenalan Secara Online

Mataram (Inside Lombok) – Semenjak pandemi, kita lebih banyak bergantung pada aktivitas online. Mulai dari sekolah, kerja, bahkan bersosialisasi dengan orang baru juga dilakukan secara online.

Selain lewat media sosial, kini telah banyak bermunculan aplikasi kencan online yang dapat menjadi solusi bagi seseorang yang ingin bersosialisasi dengan orang baru. Berdasarkan data dari Tinder yang dikutip dari CNN, sejak awal pandemi penggunaan aplikasi kencan online di Indonesia meningkat rata-rata 23 persen dengan durasi percakapan menjadi lebih lama 19 persen.

Bertemu dengan jodoh atau teman dekat lewat online memang bukan hal yang mustahil, namun kamu tetap harus ekstra hati-hati sebab bahaya bisa saja mengintai jika salah dalam memilih kenalan.

Sebelum bertemu orang asing yang dikenal lewat media sosial atau aplikasi kencan online, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut agar tetap aman.

Pertama, hati-hati lah saat bertukar informasi. Beri informasi secukupnya saja, jangan beri data pribadi secara lengkap seperti alamat rumah, alamat kantor, atau bahkan nomor handphone karena bisa disalahgunakan oknum tersebut.

Kedua, jika pertemanan berlanjut ke kencan pertama, bertemulah di tempat umum dan sekiranya ramai. Jika teman kencanmu tidak sesuai harapan (gerak geriknya mencurigakan seperti orang jahat), bisa langsung meminta bantuan ke orang lain.

Ketiga, Beritahu keluarga atau teman-teman terdekat mengenai hal-hal spesifik tentang teman kencan onlinemu tersebut. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Dan yang terakhir, kalau bisa hindari berangkat dan pulang sendiri. Ajaklah seorang teman untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi apabila ternyata dia adalah orang yang tidak baik.