Home Tips & Trik Jangan Bingung, Ini Cara Cepat Membayar Pajak Kendaraan

Jangan Bingung, Ini Cara Cepat Membayar Pajak Kendaraan

Ilustrasi (sumber foto: kataknews.com)


Mataram (Inside Lombok)- Membayar pajak kendaraan bermotor merupakan kewajiban bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Namun, masih banyak saja orang yang malas memenuhi kebijakan ini. Tidak jarang orang membayar denda atas keterlambatan membayar pajak.

Alasannya karena sebagian orang menganggap proses pembayaran pajak merepotkan dan menyita waktu. Sebab harus mendatangi kantor SAMSAT (Sistem Administrasi Menunggal Satu Atap) belum lagi apabila harus mengantri berjam-jam saat ramai.

Namun sekarang pembayaran pajak kendaraan bermotor menjadi lebih mudah dan cepat, karena pembayaran dapat dilakukan secara online (daring).

Seperti yang dilansir situa NTMC Polri, untuk membayar pajak kendaraan bermotor melalui daring ada lima tahap.

Berikut lima tahap pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online:

a. Membuka situs e-samsat
Langkah awal yang harus anda lakukan adalah membuka situs e-samsat yang pastinya ada disetiap provinsi. Perlu diketahui bahwa layanan ini harus sesuai dengan provinsi tempat anda tinggal. Misalkan, apabila anda tinggal di Lombok dengan plat Surabaya, maka layanan tidak dapat digunakan.

b. Mengisi data kendaraan
Selanjutnya adalah mengisi data kendaraan mulai dari Kota, Samsat terdahulu, Nomor pelat motor (Nopol), lalu masukan kode captcha, kemudian klik cari. Maka, akan masuk kehalaman data kendaraan, jumlah pajak yang harus dibayar dan denda apabila ada.

c. Pilih kota tempat pengambilan nota pajak
Setelah mengisi data kendaraan, terdapat form lainnya juga yang harus diisi. Form ini nantinya akan digunakan sebagai bukti pengambilan nota pajak untuk diserahkan ke Samsat. Form tersebut berisi kota, tempat samsat terdekat, bank yang akan digunakan, lalu klik kode bayar kemudian diprint.

d. Proses
Tahap selanjutnya adalah proses pembayaran pajak:

  • Pertama, buka menu bayar > Multi payment > pilih samsat sesuai tempat tinggal
  • Kedua, masukkan kode pembayaran yang sudah anda isi sebelumnya
  • Selanjutnya klik “Lanjutkan” untuk melakukan proses pembayaran. Nantinya akan ada bukti pembayaran dengan internet banking
  • Terakhir, print out bukti tersebut
    Perlu diketahui batas waktu penukaran nota pajak ini adalah tujuh hari.

e. Pengambilan nota pajak di Samsat
Saat akan mengambil nota pajak anda perlu membawa bukti pembayaran, KTP, dan STNK yang asli. Jadi mulai sekarang, para wajib pajak kendaraan tak perlu lagi bingung atau mengantri lama. Sebab dengan pembayaran secara online ini dapat mempermudah dan mempercepat proses pembayaran.