Libur Lebaran, Pelayanan Rumah Sakit Tetap Buka 24 Jam

34
Ilustrasi pelayanan kesehatan (image source : kumparan)

Mataram (Inside Lombok) – Selama libur lebaran pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) NTB tetap dibuka 24 jam. Tidak saja rumah sakit, fasilitas kesehatan yang ada di masing-masing daerah juga dipastikan akan tetap memberikan pelayanan pada masyarakat.

Direktur RSUD NTB, dr. Lalu Herman Mahaputra mengatakan upaya yang dilakukan untuk mempermudah penanganan pasien, terutama yang bersifat gawat darurat. Keberadaan PCC RSUD Provinsi NTB akan mempermudah koordinasi dengan semua rumah sakit di NTB, baik Pulau Lombok maupun Sumbawa.

“Pelayanan selama 24 jam. Kita juga punya PCC yang akan berkoordinasi dengan semua service center di NTB baik pulau Sumbawa maupun Pulau Lombok,” katanya.

Pelayanan yang diberikan tidak saja di rumah sakit, melainkan pos-pos pengamanan mudik lebaran. Pelayanan ini untuk membantu aparat kepolisian dalam memberikan kenyaman kepada pemudik selama dalam perjalanan.

Untuk petugas kesehatan di rumah sakit sendiri ucapnya, akan tetap siaga untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat selama libur lebaran. “Boleh yang lain libur, tapi rumah sakit tidak boleh libur,” tegasnya.

Untuk puskemas yang memberikan pelayanan rawat inap juga akan tetap melayani masyarakat. “Kita meminta puskesmas yang rawat inap untuk buka UGD,” terangnya.

Sementara untuk pelayanan vaksin dr. Jack menegaskan akan tetap tersedia di RSUD NTB. Terlebih lagi vaksin menjadi salah satu syarat untuk bisa melakukan perjalanan. Sedangkan untuk stok vaksin masih tetap tersedia. “Tugas bersama dan pelayanan vaksin masih bisa,” pungkasnya. (azm)