Ribuan Peserta CPNS dan P3K Lotim Berguguran Tidak Lulus Passing Grade

Para peserta SKD CPNS saat menunggu jadwal tes, Senin (20/09/2021). (Inside Lombok/dok).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di Lombok Timur (Lotim) telah selesai dilaksanakan. Dari hasil SKD terdapat ribuan peserta CPNS dan P3K tidak lulus passing grade.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Lotim Salmun Rahman mengatakan, dari 2.824 peserta CPNS, yang dinyatakan lulus passing grade hanya 968 orang. Sementara untuk P3K, dari 380 peserta yang lulus passing grade hanya 127 orang.

“Dari 1.595 CPNS yang tidak lulus itu merupakan yang tidak lolos passing grade dan juga yang tidak mengikuti SKD,” jelasnya kepada awak media, Kamis (30/09/2021).

Dengan angka tersebut dikatakan bahwa peserta yang memenuhi passing grade baik CPNS maupun P3K masih rendah. Sehingga nantinya akan berdampak pada kekosongan formasi yang dibuka.

Dari hasil evaluasi yang dilakukan pihaknya, diperkirakan terdapat sekitar 78 formasi yang akan mengalami kekosongan, dengan rincian CPNS sekitar 16 formasi dan P3K sekitar 62 formasi.

“Untuk sementara ini belum ada kebijakan apakah formasi yang kosong akan diisi atau tidak, jika tidak maka kita kehilangan 78 formasi tersebut,” tutupnya.