SMK Ilhami Siap Luncurkan Program “Anti Nganggur” Kaum Milenial NTB

Salah satu stand roti yang dikelola oleh siswa dan alumni SMK Ilhami. (Inside Lombok/Istimewa)

Mataram (Inside Lombok) – Saat ini, SMK Ilhami Aikmel membranding diri menjadi SPW (Sekolah Pencetak Wirausahawan). Apa yang telah dilakukan para siswa SMK Ilhami Aikmel di tengah keterpurukan ekonomi global yang berimbas pada banyaknya PHK dan pengangguran akibat Covid-19 ini patut diacungi jempol.

Mereka harus berpikir keras apa yang harus dilakukan supaya anak-anak milenial yang memiliki kemauan bisnis keras. Sehingga tidak harus menganggur karena dana dan ide bisnisnya belum bisa dijangkau dengan tabungan mereka saat ini.

Maka dari itu, SMK Ilhami Aikmel tampil dengan produksinya yang kekinian. Mereka menggunakan sistem waralaba yang dianggap siap menjadi solusi dari masalah kaum milenial tersebut.

“SMK Ilhami Aikmel dalam perjalananya memang mempunyai visi misi untuk mencetak siswa yang siap kerja dan dibekali skill dan attitude yang baik, hingga kini dengan komitmen yang sama dalam usianya yang sudah menginjak 7 tahun, SMK ILHAMI Aikmel mampu mengembangkan usaha sendiri,” ungkap Business Development Manager Ilhami Production, Dino Sas Apriadi, di Selong, Kamis (1/7/2020).

Usaha yang sudah dirintis yakni antara lain Rumah Makan Ilham Aikmel (Main Business Ilhami Production), RPH ILHAM (Rumah Potong Hewan) dengan kualitas daging impor, kerupuk kulit kualitas premium dengan proses seleksi yang ketat dengan standar kebersihan dan jaminan mutu.

Aneka jenis roti yang menjadi produk unggulan SMK Ilhami. (Inside Lombok/Istimewa)

Kemudian Bakery shop yang menjual berbagai varian roti. Seperti roti gembul, croissant, roti bobo boy, dough Pizza/ kulit pizza, dan lainnya. Sebanyak 15 Cabang Roti Bakar di 11 Kecamatan dari dua Kabupaten (dijalankan oleh alumni dan umum). Selanjutnya yaitu satu stand pizza di Aikmel Lombok Timur, dan masih banyak lagi yang lainnya.

“Alumni SMK Ilhami Aikmel kini sudah mayoritas kerja di bawah naungan Ilhami Production dan sisanya banyak yang sudah kerja di hotel dan bekerja di perusahaan marketing nasional. Namun nanti jika mereka bosan kerja di luar dan ingin balik ke daerahnya, Ilhami Production siap menjadi team support mereka dalam membangun bisnis mereka,” tambah Dino.

Kini setelah semua alumni SMK Ilhami Aikmel sudah bekerja, Business Development Manager mereka siap mengembangkan bisnis mereka ke publik. Dengan merekrut orang yang sudah siap bekerja dan memiliki tempat yang strategis, namun belum mempunya ide dan modal usaha.

SMK Ilhami juga siap membantu untuk membangun bisnis mereka dari bawah dengan program yang disebut dengan ”Ilhami Hug the Millennial”.

Program ini siap merangkul semua kalangan yang ingin dan gemar berbisnis menuju jenjang bisnis baik dan besar dengan strategy affiliate marketing. Dibangun oleh tim marketing yang dipimpin oleh Dino Sas Apriadi. Sedangkan penasehat dari tim ini adalah Kepala Sekolah SMK Ilhami Aikmel yaitu H. Anwar, S.Pd., MM.

“Semua program tersebut tidak akan berjalan tanpa ada support dari pihak terkait dan masyarakat NTB khususnya, untuk memanfaatkan program tersebut dengan bergabung dan membangun bisnis halal dan berstandar nasional di SMK Ilhami Aikmel,” terang Anwar.