26.5 C
Mataram
Rabu, 1 Mei 2024
BerandaBerita UtamaSelamat Hari Pers Nasional Tahun 2019

Selamat Hari Pers Nasional Tahun 2019

Mataram (Inside Lombok) – Hari Pers Nasional diperingati setiap tanggal 9 Februari. Banyak hal yang telah terjadi dalam dunia pers di Indonesia selama ini. Tentu saja, insan pers masih tetap ingin menjunjung kebebasan pers agar tidak dibelenggu oleh kepentingan sekelompok orang.

Peringatan Hari Pers Nasional Tahun Ini dilaksanakan di Provinsi Jawa Timur. Pada tahun 2016 lalu, Provinsi NTB yang menjadi tuan rumah peringatan tahunan ini. Dalam peringatan ini, diharapkan dunia pers di Indonesia dapat semakin bebas dalam mengepakkan sayapnya.

Di Provinsi NTB sendiri beberapa kegiatan sudah dilakukan antara Pemprov NTB dengan insan media. Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN), Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Biro Humas dan Protokol memperkenalkan sekaligus meresmikan Public Relation Command Center (PRCC) pada Jumat (08/01/2019).

Kedepannya, PRCC akan digunakan sebagai pusat komando pengolahan data dan informasi di Pemprov NTB. Baik itu data dan informasi yang diterima, dihasilkan, maupun dipublikasikan oleh Pemprov NTB.

- Advertisement -

Peresmian PRCC tersebut merupakan rangkaian dari acara Jumpa Bang Zul dan Ummi Rohmi (Jangzulmi) yang diadakan oleh Pemprov NTB setiap hari Jumat, sebanyak dua kali dalam sebulan. Jangzulmi kali ini khusus mengambil tema Hari Pers Tingkat Provinsi Tahun 2019, Launching PRCC dan Zero Waste.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov NTB, Najamudin Amy, menyampaikan bahwa mulai 11 Februari 2019 semua surat yang masuk ke Gubernur, Wakil Gubernur, maupun Sekretaris Daerah akan melalui PRCC untuk memudahkan proses pencarian informasi bagi siapapun yang membutuhkan, khususnya Wartawan.

Selain itu, PRCC di Kantor Gubernuran NTB juga dilengkapi beberapa fasilitas seperti Area Rokok bagi Wartawan, pojok baca, laboratorium fotografi dan videografi, Pelayanan Publik, Pelayanan PPID, dan Zero Waste.

Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah, dalam sambutannya pada Jangzulmi kali ini menyampaikan harapannya agar peresmian PRCC di Pemprov NTB menjadi momentum lahirnya semangat baru bagi perkembangan dunia pers di tingkat Provinsi NTB. Terlebih bagi Biro Humas dan Protokol agar dapat menjadi penyambung informasi serta memberikan pelayanan masyarakat yang maksimal.

Selain itu, Zulkieflimansyah juga menyampaikan agar PRCC mengusung semangat NTB Gemilang dalam pelaksanaan tugasnya. Menurut Gubernur NTB tersebut, ada enam (6) Indikator yang harus dipenuhi. Yaitu keinginan untuk terus bangkit kembali dan memberikan rasa aman, bersih dan melayani, sehat dan cerdas, sejahtera dan mandiri, asri dan lestari, serta adil dan berkah.

- Advertisement -

Berita Populer